5 Destinasi Kuliner Kota Lama Semarang yang Nikmatnya Bertahan Hingga Sekarang!

3 Aug 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kota Lama punya segudang destinasi kuliner dengan cita rasa yang nggak perlu dibantah lagi!

Kalau Jakarta punya kawasan Kota Tua yang begitu ikonik, Semarang pun juga punya. Namanya Kota Lama.

Destinasi yang dihiasi berbagai gedung bersejarah tersebut kini jadi salah satu ikon wisata Kota Semarang dan banyak dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan. Apalagi, di kawasan tersebut, ada beberapa destinasi kuliner legendaris yang siap memanjakan perut kamu!

1. Nasi Goreng Pak Karmin

Nasi Goreng Pak Karmin bukan hanya jadi destinasi kuliner yang begitu terkenal di Kota Lama, tetapi juga di seantero Kota Semarang. Warung nasi goreng ini telah beroperasi hampir lima dekade rasanya begitu khas dan nggak berubah hingga kini.

Ada dua faktor yang menjadi pembeda nasi goreng racikan Pak Karmin dari nasi goreng lainnya: Bumbu rahasia dan penggunaan babat gongso. Untuk bumbu rahasianya sendiri, Pak Karmin menggunakan bumbu yang diturunkan dari eyangnya dan inilah yang menyebabkan kenapa rasanya tetap konsisten sampai sekarang. Selain itu, nasi goreng racikan Pak Karmin dikenal dengan topping babat gongsonya yang begitu lezat dan melimpah. Babat gongsonya dibersihkan dan kemudian direbus selama berjam-jam, menghasilkan babat yang begitu empuk dan nikmat.

2. Nasi Koyor Kota Lama

Nasi koyor adalah kuliner nasi yang diolah dengan bumbu opor dan menggunakan bahan utama berupa urat daging sapi. Kalau kamu mencoba nasi koyor yang melegenda, Warung Nasi Koyor Kota Lama adalah destinasi wajib.

Buka sejak 1955, Nasi Koyor Kota Lama dikenal punya sajian nasi koyor yang begitu gurih dengan cita rasa sedikit manis. Hal tersebut didapat dari bumbu rahasia warisan keluarga yang sejatinya mirip dengan berbagai resep nasi koyor lainnya, namun menggunakan beberapa bahan tambahan agar menciptakan cita rasa yang khas. Alhasil, nggak heran jika Nasi Koyor Kota Lama punya banyak peminat, mulai dari masyarakat umum hingga tokoh nasional.

3. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Mencari kuliner gulai yang berbeda? Mampirlah ke Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar.

Ketika kamu mampir ke sini dan memesan seporsi gulai kambing, alih-alih mendapatkan gulai kambing berkuah santan, kamu akan mendapatkan gulai kambing yang dicampur dengan serundeng dan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Alhasil, kuahnya terasa begitu gurih dan menyegarkan. Daging dan jeroannya pun nggak pelit! Sangat melimpah dan dijamin bikin puas para pecinta kuliner olahan kambing!

4. Loenpia Mbak Lien

Kalau bicara kuliner di Semarang atau Kota Lama, maka kita nggak boleh melupakan kuliner loenpia atau yang biasa disebut lumpia.

Di Kota Lama, kamu bisa menikmati kuliner loenpia legendaris di Loenpia Mbak Lien. Telah berjualan sejak 1980-an, Loenpia Mbak Lien sudah punya reputasi yang legendaris. Loenpianya bervariasi dan masing-masing punya rasa yang khas. Ada loenpia dengan daging ayam, udang, perpaduan keduanya, isi kepiting, hingga keju mozzarella. Cocol dengan saus asam manis atau tambahkan topping cabai rawit, rasanya jadi makin nendang! Dijamin kamu akan balik lagi ke sini untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

5. Sate dan Gule Kambing 29

Kuliner olahan kambing lainnya di Kota Lama bisa kamu temukan di Sate dan Gule Kambing 29! Di warung yang sudah buka dari 1963 ini, kamu bisa menemukan sate dengan campuran daging, ginjal, ati, jantung, dan ampela kambing. Potongannya begitu besar dan terasa menggoda ketika disajikan. Terlebih lagi, sama sekali nggak ada aroma khas kambing yang tercium. Ketika disantap, setiap dagingnya terasa begitu empuk dan juicy, begitu mudah untuk dikunyah. Nggak heran bisa bertahan hingga hampir 6 dekade!

Tromates, itu tadi beberapa kuliner legendaris yang cita rasanya dan reputasinya sudah melegenda dan nggak perlu diragukan lagi. Nggak ada perubahan rasa, tetap konsisten hingga kini, dan tetap punya ciri khas yang membuat masing-masing dari destinasi kuliner tersebut jadi nggak bisa dilupakan.