5 Cara Mudah Menjaga Pesanan Makanan Delivery dan Take Away Tetap Segar dan Nikmat!

15 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Adalah hal yang tricky untuk membuat makanan delivery dan take away tetap segar dan nikmat. Namun, kamu tetap bisa menjaganya agar tetap bisa dinikmati pelanggan dengan beberapa cara berikut ini!

Pesanan makanan delivery dan take away seringkali memiliki perbedaan terkait kualitas dan kesegaran dengan pesanan makanan secara dine in.

Menjaga kualitas dan kesegaran keduanya pun seringkali jadi tantangan.

Agar pesanan makanan yang dilakukan secara delivery dan take away tetap segar dan punya kualitas yang nggak jauh berbeda dengan pesanan makanan secara dine in, kamu perlu terapkan beberapa cara ini.

5 Cara Mudah Menjaga Pesanan Makanan Delivery dan Take Away Agar Tetap Segar dan Nikmat

1. Gunakan Kemasan Makanan yang Tepat dan Kokoh

Menjaga kesegaran dan kualitas pesanan makanan secara delivery dan take away dimulai dengan memilih dan menggunakan kemasan yang tepat.

Artinya, kamu perlu mengenal dan memahami betul karakter makanan dan minuman agar bisa menyesuaikan setiap kemasan dengan produk yang kamu jual.

Selain itu, kualitas dari tiap kemasan yang kamu gunakan perlu kamu pastikan dan teliti kembali. Perhatikan bahan yang digunakan. Jangan lupa juga bandingkan satu bahan kemasan dengan bahan kemasan yang lain.

Pilihlah dengan tepat agar kualitas dan kesegaran makanan tetap terjaga dan konsisten hingga tiba di tangan pelanggan

2. Pisahkan Saus dan Acar dari Makanan

Kamu punya makanan yang punya kondimen berupa saus dan acar? Baiknya pisahkan kedua kondimen tersebut dari makanan kamu.

Meletakkan keduanya langsung ke dalam makanan akan membuatnya tercampur dan justru memengaruh kualitas dan kesegaran makanan yang dipesan. Selain itu, pelanggan kamu juga belum tentu menyukai salah satu atau keduanya.

Oleh karenanya, pisahkan saja dalam plastik atau kemasan kecil khusus dan berikan pelanggan kebebasan untuk mencampurkan salah satu atau keduanya ke dalam makanan yang dipesan.

Kurir Mengantar Pesanan Makanan

3. Perhatikan Jarak Delivery

Kalau kamu menyediakan jasa delivery sendiri di restoranmu atau menggunakan third party app atau justru menggunakan keduanya, maka jarak delivery perlu jadi perhatian khusus.

Menetapkan jarak maksimum untuk delivery akan membantu kamu menjaga kualitas dan kesegaran dari makanan yang kamu antar.

Pasalnya, bila terlalu jarak delivery terlalu jauh, waktu delivery bisa menjadi lebih lama dan hal ini akan mengurangi kualitas dan kesegaran pesanan makananmu.

Satu hal lagi untuk diingat dan diperhatikan: Walau third party app yang kamu gunakan biasanya memiliki kebijakan khusus terkait dengan jarak delivery maksimum, kamu tetap bisa menetapkan jarak delivery maksimum sendiri. Kamu tinggal menginformasikannya saja kepada pelanggan kamu melalui media sosial atau platform lain.

4. Sediakan Petunjuk Reheating

Selama proses pengantaran, makanan yang dikirimkan kepada pelanggan kamu tentu akan mengalami perubahan suhu menjadi lebih dingin.

Apabila makanan yang dipesan oleh pelanggan adalah makanan yang bisa dipanaskan ulang lagi, maka jangan lupa sertakan petunjuk reheating bersamaan dengan kemasan makanan.

Petunjuk tersebut akan bikin pelanggan tahu cara yang tepat untuk memanaskan ulang pesanannya sehingga kualitasnya tetap terjaga dan tetap bisa dinikmati.

5. Pisahkan Produk yang Panas dan Dingin

Makanan dan minuman panas dan dingin baiknya diletakkan di plastik yang berbeda.

Bila keduanya disatukan di dalam satu kantong plastik, terlebih lagi dalam waktu yang lama - misalkan ketika kurir delivery sedang terjebak macet atau sedang kebingungan mencari alamat pelangganmu - keduanya berpotensi mengurangi kualitas dan kesegaran satu sama lain.

Akibatnya, pesanan makanan dan minuman jadi nggak bisa benar-benar dinikmati.