5 Cara Bikin Antrean di Resto Jadi Lebih Kilat!

17 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Dengan 5 cara ini, nggak ada lagi tuh antrean yang lama di resto kamu!

Antrean yang mengular di restoran atau rumah makan kamu adalah pertanda baik buat bisnis kamu. Itu artinya, bisnis kamu sedang diminati atau digandrungi dan punya kesempatan untuk memperbesar pangsa pasarnya. Bisnis kamu pun jadi bisa memiliki banyak pelanggan reguler. Namun, di sisi yang lain, hal tersebut juga harus bikin kamu lebih berhati-hati dan waspada. 

 

Mengapa? Antrean yang panjang di restoran kamu bisa membuat orang-orang yang menunggu giliran mereka untuk mendapatkan meja. Oleh karenanya, perlu antisipasi dan solusi yang cermat demi mempercepat waktu tunggu di dalam antrean dan menjaga pelanggan tetap puas.

 

1. Latihan dan Latihan!

Istilah “bisa karena terbiasa’ mungkin jadi istilah yang paling pas untuk bisa membantu kamu mengurai antrean dan mengurangi waktu tunggu di restoran kamu. Untuk itu, kamu perlu menerapkan latihan yang konsisten bagi seluruh staff resto kamu

 

Pastikan setiap staf memahami dan menguasai tugas, tanggung jawab, hingga workflow mereka, pastikan pergantian atau perpindahan shift berjalan lancar, dan selalu latih mereka untuk bisa menyeimbangkan antara kecepatan dengan kualitas. Semakin sering melakukan latihan dan pembiasaan, maka restoran kamu dijamin akan selalu terbiasa dengan situasi yang ramai dan mengurai antrean lebih cepat.

 

2. Sediakan Ruang Tunggu

Menunggu jelas adalah sesuatu yang membosankan. Nggak semua orang rela menghabiskan waktunya untuk menunggu, terlebih lagi di satu restoran. Sayangnya, nggak semua restoran menyediakan ruang atau spot menunggu.

 

Ruang tunggu adalah bagian yang krusial dari restoran atau rumah makan kamu. Ketiadaan ruang tunggu di restoran, maka jangan heran kalau kamu melihat orang-orang batal mengunjungi restoran kamu. Namun, ruang tunggu jangan sampai hanya sebuah ruang tunggu semata. Sediakan ruang tunggu dengan staf yang terlatih untuk komunikatif dan mampu mendengar kebutuhan pelanggan. Dengan menyediakan staf yang ramah dan komunikatif, para pelanggan pun setidaknya bisa menunggu dengan lebih santai dan merasa keinginannya akan diakomodasi.

 

3. Manfaatkan POS

Restoran tanpa POS rasanya seperti taman tak berbunga. Apalagi, di era modern seperti sekarang, semua yang serba manual bisa bikin kamu ketinggalan dan lantas kewalahan dalam mengatur pesanan dan antrean. Oleh karenanya, kamu harus punya POS seperti Trofi yang gratis seumur hidup yang siap membantu kamu mengatur inventori secara otomatis, mengelola menu makanan dan minuman tanpa ribet, hingga memudahkan kamu ganti shift dengan hak akses pegawai.

 

4. Berikan Bonus Gratis

Bonus-bonus gratis seperti minuman gratis, camilan gratis, atau mini gift buat para pelanggan kamu yang sedang menunggu antrean atau giliran memperoleh meja adalah sesuatu yang bisa mengalihkan fokus mereka dari waktu menunggu. Hal tersebut bisa menciptakan kesan seolah waktu tunggu mereka cepat. Terlebih lagi, sesuatu yang gratis jelas nggak bisa ditolak, kan?

 

5. Buat Sistem Reservasi

Kalau kamu rasa restoran kamu ramai di waktu-waktu tertentu dan penuh dengan antrean, ada baiknya untuk membuka sistem reservasi di situs, aplikasi, atau link khusus. Sistem reservasi memudahkan pelanggan yang ingin makan di restoran kamu dan mereka nggak perlu antre lagi hanya untuk mendapatkan meja. Tapi, kalau sudah punya sistem khusus untuk reservasi meja, jangan sampai bikin mereka menunggu karena sistem kamu terlalu lemot alias lambat ya!

 

Kunci dari restoran yang baik adalah jangan sampai membuat pelanggan menunggu berlama-lama. Kalau kamu memang harus menghadapi antrean yang mengular, pastikan kamu bisa memberikan pelayanan dan kualitas secara cepat dan konsisten dan menerapkan sistem terbaik untuk membuat pelanggan merasa puas dan terlayani dengan cepat. Mulailah dengan latihan dan pembiasaan agar seluruh staf kamu bisa bekerja sebagai satu unit yang efektif dan mampu menangani setiap pesanan dan persoalan di restoran dengan lancar.