5 Bahan Packaging untuk Takeaway yang Bisa Kamu Pakai untuk Restoran Kamu!

17 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Ada banyak packaging makanan untuk layanan takeaway yang bisa kamu pilih. Mana yang paling pas untuk restoran kamu?

Meningkatnya penggunaan aplikasi online delivery, terutama karena pandemi Covid-19, membuat bisnis kuliner dan restoran harus melayani jenis pemesanan takeaway. Alhasil, penjualan dari aplikasi online delivery pun melonjak drastis dan memiliki nilai penjualan yang nggak berbeda jauh dengan penjualan dine in. Penjualan secara takeaway pun jadi opsi yang mesti dipertimbangkan ketika kamu akan membuka bisnis kuliner dan restoran setelah pandemi.

Untuk dapat melayani pemesanan takeaway, pertama, kamu harus memikirkan terlebih dulu akan menggunakan bahan packaging apa yang cocok untuk restoran kamu. Biar nggak bingung, yuk pelajari 5 bahan packaging untuk takeaway di restoran kamu!

1. Karton

Salah satu jenis bahan untuk kemasan atau packaging makanan yang paling banyak dipakai adalah karton. Bahan yang satu ini memiliki rangka yang cukup kuat dan tahan dengan benturan. Nggak hanya cocok untuk produk seperti baju atau sepatu, karton juga cocok untuk kemasan makanan takeaway. Umumnya, karton dapat dibuat menjadi kemasan dalam bentuk lunch box dan food pail.

2. Plastik

Plastik bisa disebut sebagai bahan kemasan atau packaging paling populer untuk kamu yang berbisnis minuman. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan bisa didapatkan di berbagai tempat. Selain itu, plastik juga memiliki ketahanan yang cukup baik untuk minuman. Beberapa jenis plastik yang umum digunakan adalah plastik PET dan PP. Plastik PET terkenal kaku dan memiliki kejernihan tinggi, namun plastik ini nggak tahan dengan suhu di atas 60 derajat Celcius. Sementara itu plastik PP lebih ringan dan bisa kembali ke bentuk semula setelah ditekan, namun memiliki tingkat oksidasi yang buruk dan sangat mudah terbakar.

3. Kertas

Bahan kertas memiliki kualitas yang mudah penyok, robek, hingga terlipat. Meski begitu, kamu tinggal menyesuaikan tingkat ketebalannya saja. Kamu bisa menyesuaikannya dengan produk seperti minuman teh hingga kopi.

4. Kaca

Bila kamu memiliki bisnis minuman atau kue-kuean, bahan kaca cocok digunakan untuk packaging makanan, terlebih lagi jika kamu melakukan pengiriman jarak jauh. Materialnya kuat dan bisa digunakan berulangkali untuk berbagai kebutuhan tertentu setelah dibersihkan. Namun, ketika akan dikirim ke lokasi yang cukup jauh, ada baiknya menambah pengemasan bubble wrap agar nggak terpapar risiko terbentur dan terbanting.

5. Bahan Alami

Bahan alami yang umumnya dipakai untuk kemasan atau packaging makanan adalah daun pisang. Untuk pengiriman jarak jauh, bahan alami seperti daun pisang sangat nggak disarankan. Namun, jika untuk online delivery, bahan alami bisa jadi solusi yang tepat dan ramah lingkungan untuk bisnis kamu. Selain itu, bahan alami untuk packaging makanan pun mudah didapat karena sumbernya yang melimpah.

Setiap bahan untuk packaging makanan secara takeaway memiliki ciri-ciri, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Oleh karenanya, kamu tinggal memilih bahan yang kamu rasa paling baik untuk makanan atau minuman yang kamu jual di restoran kamu.