5 Aplikasi Terbaik untuk Manajemen Restoran Lebih Praktis, Mudah, dan Santai!

17 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Manajemen restoran saat ini sudah lebih mudah dan praktis berkat kehadiran beberapa aplikasi ini!

Berbahagialah kamu yang memiliki restoran. Manajemen restoran saat ini serba otomatis dan mudah. Hal ini karena sudah tersedia beragam aplikasi yang sistemnya simpel dan begitu cepat sehingga manajemen restoran jadi lebih mudah dan nggak banyak pusing.

Kali ini, kami punya beberapa jenis aplikasi yang bisa kamu pakai untuk manajemen restoran yang lebih praktis, mudah, dan bikin hari-harimu jadi lebih santai!

1. Aplikasi Profil Bisnis

Sekarang ini, hampir sebagian besar orang mencari informasi tentang sebuah toko atau restoran melalui Google. Setiap review, lokasi, dan informasi berbagai restoran ada di Google.

Agar kamu bisa menghadirkan bisnis kamu di Google, khususnya Google Maps, dan memudahkan orang untuk mencari dan mengetahui lebih banyak tentang bisnis kamu, perlu kehadiran aplikasi profil bisnis yang memudahkan kamu untuk menginput restoran kamu di Google dan Google Maps. Untuk itu, kamu perlu menggunakan aplikasi seperti Google Business Profile (Sebelumnya dikenal sebagai Google My Business).

Melalui Google Business Profile, kamu dapat dengan mudah berbagi informasi dan profil bisnis kamu kepada banyak orang. Hal ini juga dapat menjadi bagian dari strategi pemasaran yang hemat biaya untuk kamu. Dengan menginput restoran kamu melalui aplikasi ini ke Google, banyak orang akan jadi lebih aware dengan keberadaan restoran kamu, mengunjungi restoran kamu, dan menulis review tentang pengalaman mereka di restoran kamu.

2. Aplikasi POS Restoran

Setiap restoran nggak akan lengkap kalau nggak memakai aplikasi POS restoran. Keberadaan aplikasi POS untuk restoran sebagai pengganti mesin kasir konvensional bikin manajemen restoran kamu jadi jauh dan jauh lebih mudah. Terlebih lagi, seiring berjalannya waktu, aplikasi POS restoran memiliki beragam fitur yang praktis dan bikin kamu nggak pusing lagi untuk bertransaksi. Ada yang fiturnya melimpah, ada yang gratis selamanya, dan ada pula yang bisa membantu manajemen karyawan.

3. Aplikasi Online Delivery

Hari begini sudah waktunya kamu mendaftarkan restoran kamu di berbagai platform online delivery. Dengan aplikasi atau platform online delivery, kamu bisa menggoda para pelanggan baru dengan beragam promo yang tersedia dan memperluas jangkauan layanan restoran kamu. Pelanggan setia kamu pun nggak perlu lagi repot untuk datang ke restoran kamu. Cukup tap dan tap, mereka pun bisa menikmati produk kamu tanpa harus keluar mudah.

4. Aplikasi Photo Editor

Siapa bilang bisnis restoran dan kuliner nggak butuh photo editor? Dengan aplikasi photo editor, kamu siap bikin foto restoran, makanan, dan minuman yang kamu punya jadi lebih cantik, ciamik, estetik, dan bikin pelanggan ngiler. Terlebih lagi, kamu harus bersaing dengan beragam jenis konten foto dari berbagai restoran lainnya. Agar nggak kalah saing dalam menarik pelanggan, photo editor harus jadi salah satu aplikasi di garda terdepan dalam manajemen restoran kamu.

5. Aplikasi Manajemen Media Sosial

Manajemen restoran nggak hanya manajamen di dunia nyata saja, tetapi juga di dunia maya. Artinya, ketika kamu memiliki media sosial untuk restoran kamu, kamu membutuhkan aplikasi manajemen media sosial. Hal ini demi memudahkan kamu untuk mengunggah konten restoran kamu dan mengatur penjadwalan kontennya. Di samping itu, kamu juga lebih mudah mengetahui mana saja konten yang bekerja dengan efektif dan mana konten yang sepi peminat.

Dengan kelima aplikasi di atas, manajemen restoran dijamin lebih mudah dan praktis. Kamu pun bahkan bisa mengelola restoran dengan lebih satsetsatset!