4 Tips yang Nggak Lekang Oleh Waktu untuk Kelola Resto

16 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kelola rumah makan, resto, atau cafe jadi lebih lancar dengan 4 tips manjur ini!

Mengelola restoran adalah soal menjaga kualitas makanan sembari menjaga kualitas pelayanan buat pelanggan demi memperoleh kepuasan pelanggan. Di momen-momen seperti ini, stres dan kekacauan dalam proses operasional bisa terjadi. Hal ini sangat bisa memengaruhi kualitas makanan dan pelayanan.

Karena manajemen restoran atau bisnis kuliner bukan perkara encer, maka kamu harus tahu beberapa hacks atau tips yang wajib banget kamu terapkan agar kamu bisa tetap memberikan yang terbaik buat pelanggan dan memuaskan mereka. Beberapa tips di bawah ini akan selalu jadi pedoman kamu untuk menjalankan restoran dengan baik dan konsisten!

1. Utamakan Safety

Selalu utamakan keamanan, kesehatan, dan keselamatan, baik untuk pelanggan maupun pegawai kamu. Itu harus selalu jadi hal yang nomor satu. Restoran kamu harus punya protokol dan standar prosedur untuk memastikan setiap makanan yang disajikan higienis dan terbebas dari segala jenis benda asing atau bahan kimia, kebersihan dan higienitas dapur, hingga standar prosedur untuk memastikan setiap pegawai bekerja dengan aman, nyaman, dan higienis. Ketika semua berlangsung dengan baik, nggak hanya pegawai kamu yang sehat dan aman, tetapi juga pelanggan kamu. Mereka pun bahkan akan kembali lagi jika mereka puas dengan higienitas makanan yang disajikan!

2. Jadilah Simpel

Simplify, simplify, and simplify. Jika ada sesuatu yang dirasa terlalu kompleks atau rumit di restoran kamu, segera kurangi atau minimalkan. Jumlah menu terlalu banyak? Segera kurangi menu yang dirasa kurang pas atau tidak terlalu menjual. Tata letak workstation terlalu ramai? Sederhanakan peralatan yang digunakan.

Sebisa mungkin pastikan agar restoran kamu tidak terjebak dalam proses yang rumit, jumlah peralatan atau jumlah menu yang terlalu banyak. Mengurangi segala sesuatu yang dirasa rumit dan nggak perlu, kamu bisa menekan pengeluaran restoran kamu dan meningkatkan efisiensinya.

Cobalah juga untuk melakukan riset kecil-kecilan untuk tahu makanan dan minuman apa yang pas untuk konsep restoran kamu, yang disukai pelanggan, yang menjual. Kamu pasti akan memperoleh beberapa makanan dan minuman yang masuk ke dalam 3 kategori tersebut. Hal ini membantu kamu untuk bikin menu restoran jadi lebih simpel dan tidak terlalu banyak.

3. Rutinitas Itu Penting

Restoran yang baik selalu konsisten dalam menjalankan rutinitasnya. Mulai dari sebelum buka, saat buka dan menjalankan operasional, pergantian shift, hingga setelah tutup, semua harus konsisten dan punya standar prosedur yang pasti dan jelas.

Idealnya, coba siapkan ceklis untuk berbagai pekerjaan yang harus dilakukan. Lakukan scheduled cleaning sesuai dengan jadwal. Saat ganti shift, periksa pekerjaan dan tanggung jawab setiap pegawai dan gunakan teknologi aplikasi untuk melancarkan dan memudahkan transisi shift di restoran. Selalu adakan pelatihan agar para pegawai terbiasa dan jadi konsisten saat masa operasional restoran. Ajarkan juga para pegawai kamu untuk menghadapi sesuatu yang tidak terduga. Kalau semua mulai terbiasa dan jadi konsisten, bukankah semua jadi aman dan nyaman?

4. Pegang Kendali Persediaan dan Penjualan

Pengecekan persediaan dan laporan penjualan sudah nggak perlu lagi cara-cara manual alias dengan pulpen dan kertas. Sekarang, sudah zamannya aplikasi manajemen restoran dan aplikasi kasir yang serba otomatis dan cepat. Trofi yang seumur hidup gratis bisa jadi aplikasi kasir yang tepat dan memungkinkan kamu untuk cek laporan penjualan dan laporan produk dalam satu genggaman! Kamu pun nggak perlu lagi input dan cek inventory berulangkali dan habis banyak waktu, karena semua serba otomatis!

5. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Suasana kerja yang menyenangkan adalah kunci betahnya para pegawai kamu di tempat kerja. Berikan mereka penghargaan seperti employee of the month dengan berbagai reward, sesekali berikan insentif sebagai bentuk apresiasi atas apa yang mereka telah berikan buat restoran kamu, dan ajak mereka berkumpul dan makan bersama untuk diskusi dan berbincang lebih dekat satu sama lain. Saat bekerja pun, jangan sampai kamu atau manajer restoran kamu hanya sekadar memberi perintah dan perintah dan perintah. Jadilah orang yang suportif dan mampu memberi masukan yang membangun agar mereka merasa bahwa mereka diberi kesempatan untuk berkembang lebih jauh.

5 tips di atas diharapkan bisa membantu kamu untuk mengelola resto kamu jadi lebih lancar dan baik lagi ke depannya. Semangat terus untuk restoran kamu ya!