Akhir tahun yang menjadi momen liburan menyediakan sederet peluang untuk kamu tangkap sebagai pemilik restoran.
Jangan sampai kamu melewatkannya karena setiap peluang tersebut mampu mendongkrak omset restoran kamu!
Lantas, bagaimana kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan omset restoran kamu?
Menawarkan gift card dan voucher adalah cara yang menarik untuk menyediakan alternatif hadiah untuk orang-orang terdekat pelanggan kamu.
Pelanggan kamu bisa membeli gift card dan voucher restoran kamu dan memberikannya ke teman atau keluarga mereka.
Jika mereka yang melakukan redeem dari gift card atau voucher adalah pelanggan baru atau first time buyer, hal ini adalah kesempatan bagi kamu untuk membuat mereka jadi pelanggan loyal kamu.
Ada begitu banyak promo yang kamu bisa sajikan untuk pelanggan kamu. Namun, menjelang akhir tahun, kamu bisa menyediakan promo yang agak berbeda dari promo lainnya: Promo reservasi.
Ide di balik promo reservasi sebenarnya cukup sederhana. Biasanya, menjelang akhir tahun, di momen seperti Natal atau Tahun Baru, orang-orang cenderung merayakannya dengan makan malam bersama (Christmas Dinner atau Barbeque di malam Tahun Baru).
Dengan menyediakan promo reservasi, kamu bisa menangkap peluang dari orang-orang yang ingin melakukan makan malam bersama dengan keluarga maupun teman-teman di momen liburan Natal dan Tahun Baru.
Promo reservasi sederhana bisa kamu buat dengan menentukan jumlah minimal orang yang mengikuti makan malam untuk memperoleh potongan harga. Kamu juga bisa menyajikan free drink atau dessert sebagai pengganti potongan harga.
Seasonal menu adalah salah satu cara klasik namun efektif untuk meningkatkan omset restoran kamu selama akhir tahun atau momen Natal dan Tahun Baru.
Hampir setiap restoran akan berlomba-lomba untuk menjadi kreatif dalam membuat seasonal menu mereka.
Maka dari itu, kamu harus mengerahkan segenap kreativitas kamu dalam membuat seasonal menu kamu, baik dari segi presentasi atau visual, keunikan bahan baku, hingga cita rasa.
Limited merchandise bisa jadi alternatif lain untuk memperoleh omset restoran yang lebih tinggi.
Merchandise seperti tumbler, lunch box, hingga alat makan dapat menjadi beberapa pilihan limited merchandise yang cocok untuk usaha restoran.
Di samping menjadi sumber pendapatan atau omset tambahan, limited merchandise dapat menjadi media promosi.
Misalnya, ketika pelanggan kamu membeli salah satu merchandise kamu, mereka boleh jadi akan menunjukkannya kepada orang-orang yang mereka kenal. Cara ini akan membantu orang lain lebih mengenal restoran kamu.