4 Tips Manjur Kelola Front of House Restoran biar Kepuasan Pelanggan Tetap Terjaga!

15 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Saatnya kenali front of house dan bagaimana garda terdepan di restoran ini bisa menjaga kepuasan pelanggan kamu!

Lahir dan terjaganya kepuasan di dalam diri pelanggan berasal dari bagaimana front of house bisa berjalan dengan baik.

Namun, apa itu front of house? Dan apa yang perlu diterapkan agar front of house bisa menjaga kepuasan pelanggan di restoran?

Pembahasan singkat kali ini akan membahas kedua hal tersebut!

Apa itu Bagian Front of House Restoran?

Front of house restoran adalah bagian dari restoran yang banyak berinteraksi dan bersinggungan langsung dengan para pelanggan restoran.

Artinya, bagian front of house restoran akan banyak melayani pelanggan yang ingin melakukan pemesanan hingga membutuhkan bantuan.

Area yang termasuk dari front of house restoran antara lain area makan indoor dan outdoor, area tunggu, bar, hingga kasir yang umumnya dikelola oleh pelayan, kasir, bartender, hingga manajer restoran.

Karena berhubungan langsung dengan berbagai kebutuhan pelanggan, front of house restoran haruslah bisa terorganisir dan menjalankan tugasnya dengan baik sehingga bisa menghasilkan kepuasan di dalam diri pelanggan.

4 Tips Kelola Front of House Restoran untuk Jaga Kepuasan Pelanggan!

1. Rutin Meeting Setiap Mulai Shift

Setiap shift yang dijalani setiap harinya oleh orang-orang front of house restoran kamu selalu punya sesuatu untuk dipelajari dan diperbaiki.

Untuk itu, kamu sebagai pemilik restoran perlu mengadakan meeting rutin sebelum setiap shift. Kalau kamu memiliki manajer restoran, maka delegasikan tugas tersebut kepadanya.

Dengan meeting rutin ini, kamu bisa membahas melakukan evaluasi dan membahas perbaikan yang  perlu dilakukan ke depannya.

Diskusikan juga masukan dan komplain dari pelanggan agar kamu bisa meningkatkan kualitas dan performa front of house kamu sehingga kepuasan pelanggan tetap terjaga.

2. Selalu Adakan Latihan Rutin

Agar setiap staf front of house restoran kamu bisa tetap memiliki performa yang konsisten dan bisa memenuhi standar prosedur yang telah kamu tetapkan, kamu perlu mengadakan latihan rutin setiap beberapa waktu sekali.

Mengadakan latihan secara rutin akan memungkinkan setiap staf restoran, mulai dari pelayan, kasir, bartender, hingga manajer restoran untuk terus mengingat dan memahami setiap standar prosedur dan menjalankan setiap sistem yang ada di restoran kamu.

Performa Memuaskan Staf Restoran

Sumber: Freepik.com

3. Siapkan Sistem Manajemen yang Memadai

Agar front of house dapat menjaga kepuasan pelanggan di restoran, tak lengkap rasanya bila nggak memiliki dan menjalankan tugasnya dengan ditunjang sistem yang memadai.

Sistem ini meliputi sistem kasir atau point of sale, sistem manajemen inventori, hingga sistem absensi.

Kehadiran berbagai sistem manajemen ini nggak hanya memungkinkan front of house kamu mampu menjaga kepuasan pelanggan, tetapi juga membuat manajemen restoran kamu lebih lancar dan tertata dengan baik.

4. Perhatikan Kondisi Staf Restoran

Kepuasan pelanggan nggak akan pernah bisa diraih apabila staf front of house nggak memiliki kondisi yang positif dan kepuasan di dalam dirinya.

Untuk itu, selaku pemilik restoran, kamu perlu mengecek kondisi staf front of house kamu dengan secara berkala.

Ajak mereka berdiskusi. Tanyakan apa yang mereka butuhkan dan juga apa yang mereka rasa kurang puas soal pekerjaan mereka serta insentif yang mereka peroleh.

Jangan lupa juga evaluasi sistem kerja yang kamu terapkan di restoran kamu. Proses dan situasi kerja juga akan memengaruhi kepuasan mereka dalam bekerja.