4 Tips Manajemen Staf Restoran yang Dijamin Anti Stres dan Pusing!

13 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Siapa bilang manajemen staf restoran itu bikin pusing? 4 tips ini siap bantu kamu nggak pusing lagi dalam mengelola setiap staf kamu!

Salah satu hal paling sulit dalam menjalankan bisnis restoran adalah mengelola setiap manusia yang bekerja di dalamnya. Dengan beragam kepribadian dan tugas, kamu sebagai pemilik restoran pun harus lebih cermat dan pintar-pintar dalam mengelola dan memahami setiap staf kamu. Mempekerjakan restaurant manager adalah salah satu cara terbaik mengurangi stres dan pusing akibat manajemen staf, namun hal tersebut pun cukup tricky karena kamu harus memilih restaurant manager yang tepat.

Namun, untuk kamu para pemilik bisnis restoran yang masih terjun langsung untuk mengelola setiap staf kamu, ini dia 4 tips terbaik biar manajemen staf restoran kamu nggak bikin kepala pusing tujuh keliling!

1. Perjelas Tugas dan Tanggung Jawab

Transparansi atau kejelasan dalam memahami dan melakukan suatu tugas dan tanggung jawab harus selalu jadi prioritas dalam operasional restoran kamu. Sebagai pemilik bisnis, kamu harus memiliki pemahaman yang jelas untuk tiap job position di restoran kamu. Hal ini perlu agar nggak ada kesalahan persepsi terkait tugas dan tanggung jawab antara setiap staf.

Kalau kamu menggunakan restaurant manager, pastikan juga untuk melakukan briefing buat restaurant manager kamu agar ia dapat memahami setiap pembagian tugas dan tanggung jawab dan ia dapat mengelola setiap staf dengan tepat.

2. Gunakan Sistem yang Memadai

Manajemen staf kamu sudah nggak perlu lagi pakai pulpen dan kertas atau berpuluh-puluh spreadsheets. Kamu bisa mengelolanya dengan sistem manajemen yang memadai, seperti aplikasi POS restoran yang memungkinkan kamu untuk nggak hanya mengelola transaksi, tetapi juga mengatur hak akses pegawai dan memudahkan pengelolaan shift setiap pegawai. Dengan begitu, jadwal shift para pegawai nggak akan bertabrakkan dan jadi lebih terkendali dan proses operasional restoran pun jadi lebih mulus dan lancar!

3. Ciptakan Suasana Layaknya Komunitas

Ketika menjalankan restoran, kamu sebagai pemilik restoran harus mampu menciptakan suasana yang penuh kebersamaan dan fun selayaknya sebuah komunitas. Dengan menciptakan atmosfer yang positif seperti ini, suasana saat bekerja pun akan terasa lebih menyenangkan dinamis, dan nggak kaku. Biarkan setiap staf untuk jadi dirinya sendiri dan lebih bebas mengekspresikan dirinya tanpa harus takut akan kekangan. Kegiatan operasional restoran pun jadi lebih positif dan menyenangkan.

Agar mampu menciptakan suasana seperti ini, kamu juga harus mampu menemukan orang yang tepat yang bisa fit dengan kultur kerja dan atmosfer yang kamu ciptakan. Ketika kamu memilih orang yang salah, hal ini tentunya dapat meruntuhkan usaha kamu dalam menciptakan atmosfer kerja yang positif dan suasana yang fun.

4. Kenali Setiap Staf

Setiap staf bukanlah robot, melainkan manusia yang memiliki akal budi dan perasaan. Oleh karena fakta tersebut, maka kamu wajib untuk membangun relasi yang positif dan memahami lebih dekat setiap staf yang bekerja di restoran kamu. Perlakukan mereka sebagaimana layaknya seorang manusia, pahami apa yang mereka rasakan, cari tahu apa yang mereka butuhkan. Dengan mengobrol santai dan berdiskusi dengan setiap staf, kamu jadi selangkah lebih dekat dengan mereka dan mampu memahami mereka lebih dalam serta berusaha untuk memenuhi apa yang mereka butuhkan sebagai seorang staf dan tentunya, manusia.

Manajemen staf nggak harus bikin stress dan pusing, kok. Beberapa tips di atas siap membebaskan kamu dari pusingnya manajemen staf di restoran dan menjadikan manajemen staf di restoran kamu semakin tokcer!