Percaya atau nggak, meningkatnya pendapatan restoran bisa terwujud oleh aspek sesederhana resep restoran.
Berkaca dari hal ini, kamu perlu menerapkan manajemen resep yang ampuh.
Namun, bagaimana penerapannya?
Manajemen resep di restoran adalah soal konsistensi.
Konsistensi bukan hanya tentang menggunakan bahan yang sama dengan kualitas yang sama secara terus-menerus. Konsistensi juga tentang bagaimana kamu punya standar pengolahan yang tepat.
Hal ini demi menjamin kualitas dan output yang selalu serupa dalam setiap pesanan yang keluar untuk menu tersebut.
Food waste alias sampah makanan adalah salah satu "noda" yang bisa bikin penyajian menu di restoran kamu jadi nggak maksimal sekaligus merenggut keuntungan restoran kamu.
Semakin banyak bahan makanan yang menjadi sampah, artinya semakin banyak kerugian yang kamu peroleh. Pasalnya, kamu jadi nggak bisa memperoleh keuntungan yang seharusnya karena bahan makanan yang kamu beli nggak terpakai.
Oleh karenanya, food waste perlu dihitung dan dilacak setiap harinya.
Agar kamu dapat menghindari food waste, ada begitu banyak cara yang bisa diterapkan.
Kamu bisa mulai dengan memperhatikan prosedur dan peralatan penyimpanan bahan makanan di restoran kamu. Jangan lupakan juga keamanan dan kualitas kemasan bahan baku dari supplier. Selain itu, pastikan juga kamu memperoleh bahan baku yang masih segar dan belum kadaluarsa.
Sumber: Freepik.com
Manajemen resep erat kaitannya dengan proses pemesanan bahan baku yang kamu lakukan.
Ketika kamu nggak memahami berapa banyak jumlah bahan baku yang harus dipesan, hal ini akan sangat memengaruhi operasional dan resep restoran kamu.
Apabila kamu memesan bahan baku terlalu banyak, food waste yang restoran kamu hasilkan akan meningkat drastis.
Namun, apabila kamu memesan bahan baku terlalu sedikit, kamu akan kesulitan untuk memenuhi permintaan dan membuat menu yang ada.
Maka dari itu, diperlukan pengawasan dan pelacakan atas setiap jumlah bahan baku yang tersedia dan prediksi yang jitu atas permintaan yang akan kamu peroleh ke depannya di restoran kamu.
Manajemen resep restoran kamu akan lebih mudah dan ringan ketika kamu menggunakan sistem yang tepat.
Sistem seperti sistem point of sale akan memungkinkan kamu membuat resep restoran sesuai kebutuhan kamu dan mengetahui berapa banyak bahan baku yang dibutuhkan untuk suatu menu.
Nggak cuma itu, kamu juga bisa mengetahui perkiraan permintaan di masa depan berdasarkan data penjualan historis di restoran kamu.
Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!
Baca selengkapnyaSuka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!
Baca selengkapnyaJangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!
Baca selengkapnya