4 Tips Efektif Mengelola Arus Kas Restoran Kamu agar Jadi Lebih Lancar!

18 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Di samping keuntungan, arus kas perlu diperhatikan secara khusus oleh kamu sebagai pemilik restoran.

Dalam memulai dan menjalani usaha restoran atau kuliner sendiri, mencari untung sebesar-besarnya menjadi sesuatu yang umum dilakukan.

Namun, jangan sampai kamu hanya mengutamakan keuntungan dalam menjalani usaha restoranmu.

Kamu juga perlu menaruh perhatian pada kelancaran arus kas.

Lantas, bagaimana kamu tetap bisa mengelola dan memastikan arus kas yang lebih lancar dan positif buat usaha restoranmu?

4 Tips Efektif Mengelola Arus Kas Restoran agar Jadi Lebih Lancar!

1. Jangan Bergantung pada Utang

Utang bukanlah sesuatu yang buruk dalam menjalani usaha. Malah, utang merupakan bagian dari usaha yang mampu mendongkrak perkembangan usaha kamu apabila dimanfaatkan dengan tepat dan jitu.

Namun, jika kamu terlalu bergantung pada utang, bisa-bisa dalam beberapa waktu ke depan usaha kamu akan sulit karena tumpukan utang yang nggak terbayarkan. Alhasil, hal ini akan bikin arus kas restoran kamu jadi lebih lambat.

Kalau memang ingin berutang, pastikan dulu stabilitas kondisi keuangan kamu agar ke depannya kamu bisa membayar utang yang kamu punya

2. Perkuat Manajemen Inventori

Salah satu yang bisa bikin arus kas jadi lebih lancar adalah inventori yang perputarannya juga lancar.

Untuk meraih kondisi ini, kamu perlu memperkuat bagaimana kamu mengelola inventori restoran kamu.

Penggunaan aplikasi manajemen inventori yang tepat bisa menjadi langkah awal kamu untuk mengetahui perputaran inventori, melakukan restock inventori di saat yang tepat, hingga memahami inventori mana yang paling laku dan paling sedikit terjual.

Tanpa manajemen inventori yang jitu dan solid, kamu bisa kewalahan dalam mengurus inventori kamu dan malah salah melakukan pembelian inventori yang tepat untuk restoran kamu.

Menghitung Laporan Arus Kas

Sumber: Freepik.com

3. Hemat Pengeluaran

Ada berbagai biaya yang nggak penting dalam laporan keuangan kamu?

Segera hilangkan!

Berbagai biaya yang nggak penting sangat mungkin mencekik keuangan kamu dan justru berujung pada arus kas yang melambat.

Sebagai seorang pemilik restoran atau usaha kuliner, kamu perlu selalu memasang mata atas biaya dari setiap aspek di restoran kamu, seperti operasional, sumber daya manusia, hingga peralatan dan gedung.

4. Buat Perkiraan Keuangan

Walau perkiraan keuangan nggak selalu tepat 100%, namun membuat perkiraan atau proyeksi keuangan adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengelola arus kas yang lebih baik.

Dengan membuat perkiraan keuangan, kamu bisa membuat prioritas dan mengambil keputusan terkait berbagai aspek di restoran kamu, mulai dari keputusan untuk melakukan rekrutmen, penekanan pengeluaran, hingga peningkatan operasional.

Melalui perkiraan keuangan ini juga kamu bisa merancang strategi terbaik untuk meraih proyeksi pendapatan yang telah kamu buat dalam perkiraan tersebut.