4 Tips Bikin Layout Tempat Duduk Restoran yang Nyaman buat Semua Orang di Dalamnya!

17 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Faktor sesederhana tempat duduk restoran punya kontribusi untuk keberhasilan restoranmu. Lantas, apa saja yang perlu kamu lakukan untuk membuat layout tempat duduk yang nyaman?

Keberhasilan suatu restoran diukur oleh banyak hal. Salah satunya? Layout tempat duduk restoran.

Memastikan restoran kamu punya layout tempat duduk yang nyaman dan bisa dinikmati perlu menjadi bagian yang nggak boleh kamu remehkan saat merancang restoran kamu.

Namun, bagaimana kamu bisa melakukannya?

4 Tips Bikin Layout Tempat Duduk Restoran yang Nyaman buat Pelanggan Kamu!

1. Buat Denah

Dalam mengatur layout tempat duduk di restoran kamu, kamu harus selalu bereksperimen atau melakukan uji coba.

Pertama, cobalah buat sketsa atau denah kasar terkait pengaturan dan jenis meja dan kursi yang diperlukan. Melalui sketsa tersebut, kamu akan punya gambaran yang lebih jelas tentang layout tempat duduk di restoran kamu.

Sketsa tersebut perlu meliputi pengaturan tempat duduk untuk pelanggan singel, pasangan, hingga rombongan. Pada akhirnya, kamu akan bisa menentukan berapa banyak meja dan kursi yang akan dipakai, jumlahnya, hingga penempatannya.

2. Pastikan Foot Traffic Lancar

Salah satu hal yang perlu diingat dalam membuat layout tempat duduk adalah flow dari foot traffic orang-orang di dalamnya.

Hal ini erat kaitannya dengan penempatan setiap meja dan kursi di restoran kamu.

Agar foot traffic semakin lancar dan nyaman, berikan space yang cukup namun nggak terlalu besar.

Lakukan juga uji coba atau simulasi untuk mengetahui apabila ada penempatan meja dan kursi yang berpotensi menghambat pergerakan atau mobilitas di dalam restoran ketika sedang ramai.

3. Siapkan Waiting Area

Restoran kamu sedang terisi penuh dan banyak orang yang harus menunggu untuk mendapat tempat duduk? Waiting area bisa menjadi solusi yang tepat untuk menangani kondisi ini.

Kehadiran waiting area membuat pelanggan yang menunggu nggak harus berdiri lama-lama untuk mendapatkan tempat duduk. Selain itu, kamu bisa mengurangi tumpukan antrian yang berpotensi menghambat foot traffic yang ada di dalam restoran kamu.

4. Utamakan Aksesibilitas

Bagaimanapun layout tempat duduk di restoran kamu, salah satu hal yang paling harus diutamakan adalah aksesibilitas dari setiap tempat duduk yang kamu sediakan.

Siapapun yang datang ke restoran kamu, mulai dari anak-anak, lansia, hingga penyandang disabilitas, perlu diakomodasi dengan tempat duduk yang mudah diakses dan nyaman dan mudah bergerak di dalam restoran.