4 Kiat Manjur Membangun Customer Experience yang Lebih Personal!

24 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Panduan ini siap membantu kamu membangun customer experience yang lebih baik dan berkualitas agar pelanggan restoran semakin puas dan loyal dengan restoran kamu!

Membangun bisnis kuliner bukan hanya soal menyajikan makanan enak dengan tempat yang didesain dan didekorasi secara cantik. Bisnis kuliner adalah soal memberikan pengalaman, dan hal tersebut lebih dari sekadar makanan atau suasana tempat.

Kali ini, kamu akan melihat tentang:

- Apa itu customer experience

- Pentingnya membangun customer experience untuk restoran

4 cara membangun customer experience yang lebih personal dengan pelanggan kamu

Apa itu Customer Experience

Customer experience adalah apa yang seorang pelanggan alami dan nikmati selama berada di suatu tempat. Dalam konteks bisnis kuliner atau restoran, customer experience berarti pengalaman yang dialami seorang pelanggan yang nggak hanya berkaitan dengan makanan yang nikmat dan cantik dan tempat yang nyaman dan estetik, tetapi juga dengan layanan yang berkualitas dan betul-betul mengutamakan pelanggan.

Pentingnya Membangun Customer Experience untuk Restoran

Riset yang dilakukan oleh Harris Group menunjukkan bahwa konsumen cenderung lebih fokus dalam menghabiskan uangnya untuk membeli pengalaman dibandingkan produk fisik. Hal ini juga berlaku untuk restoran kamu. Hasil riset ini juga didukung riset lain dari University of Texas yang membuktikan bahwa konsumen cenderung lebih senang menghabiskan uangnya untuk membeli pengalaman tertentu dibandingkan produk saja.

Sebagai pemilik bisnis restoran, kamu perlu menaruh fokus utama dalam memberikan pengalaman terbaik di restoran kamu. Orang-orang menghabiskan uang di restoran bukan hanya untuk menikmati makanan atau tempat yang enak saja, tetapi juga membawa pulang pengalaman yang positif dan memorable. Mereka pun juga ingin diberikan sesuatu yang "wow" ketika sedang berada di restoran.

Ketika pelanggan sudah merasa puas dan senang akan pengalaman yang dilaluinya di suatu restoran, besar kemungkinan mereka akan kembali lagi dan berubah menjadi langganan. Lebih dari itu, mereka pun akan merekomendasikan restoran tersebut ke keluarga dan teman-temannya. Banyak orang jadi lebih tahu soal keberadaan restoran itu dan penasaran untuk mencobanya.

4 Cara Membangun Customer Experience yang Lebih Personal dengan Pelanggan Kamu

1. Ingatlah Nama dan Pahami Preferensi Mereka

Membangun customer experience yang personal dapat dimulai dengan sesederhana mengingat nama dan selera atau kesukaan pelanggan kamu. Mengingat nama pelanggan adalah bentuk respek dan apresiasi kamu terhadap mereka yang telah datang ke restoran kamu. Lebih lanjut lagi, cobalah untuk memahami preferensi atau selera mereka. Jika seorang pelanggan baru pertama kali ke restoran kamu, tanyakan apa yang umumnya dia suka. Ketika ia kembali lagi, kamu mulai bisa memahami dan mengingat apa yang mereka suka. Bahkan, kamu jadi bisa tahu apa yang mereka akan pesan dan bisa memberikan saran menu lain yang mungkin mirip dan cocok dengan selera mereka.

2. Gunakan Loyalty Program

Loyalty program adalah salah satu alat yang bisa diterapkan untuk membangun customer experience yang baik dan berbeda buat pelanggan kamu. Rancang loyalty program yang menarik dengan sistem yang sederhana dan tidak bikin ribet, seperti loyalty program yang dirancang dengan sistem game. Berikan reward dan berbagai benefit yang menarik di loyalty program restoran kamu.

3. Berikan Kejutan

Hampir sebagian besar orang tentu suka dengan kejutan yang menyenangkan. Sebagai pemilik restoran, kamu bisa menyuntikkan elemen kejutan buat pelanggan kamu. Misalkan, free drinks untuk pelanggan yang baru pertama kali mengunjungi restoran kamu, memberikan secret menu untuk pelanggan yang telah memesan menu tertentu, atau memberikan secret merchandise untuk seorang pelanggan di hari ulang tahunnya. Memberikan kejutan adalah cara mudah dan menarik untuk menaikkan customer experience pelanggan di restoran kamu.

4. Pelayanan yang Naik Level

Seperti telah dijelaskan di awal, customer experience bukan soal rasa makanan yang enak dan tempat yang nyaman saja. Harus ada pelayanan yang lebih beda dan naik level dari kompetitor.

Kamu bisa melihat ke cara pelayanan House of Raminten di Yogyakarta. Alih-alih memanggil pelayan dengan berteriak, pelanggan disediakan sebuah kentongan di setiap meja untuk memanggil pelayan. Hal ini bikin customer experience dalam memanggil pelayan pun jadi lebih khas dan unik. Kamu juga bisa melihat bagaimana Myst Bar, yakni sebuah kedai kopi mini di Bandung melayani pemesanan minuman hanya melalui sebuah jendela kotak kecil dan menggunakan boneka tangan yang lucu.

Membangun customer experience adalah kunci dalam menciptakan kepuasan dan bukannya nggak mungkin, loyalitas pelanggan. Mereka tentu akan rela membayar lebih ketika mereka merasa bahwa apa yang restoran kamu berikan sesuai dengan uang yang mereka bayarkan. Kalau pelanggan jadi senang, restoran pun jadi tenang!