4 Keuntungan yang Bisa Dialami Restoran Kamu Ketika Menyederhanakan Menu!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Memiliki menu yang sederhana berpotensi memberikan keuntungan yang beragam buat restoran kamu!

Memiliki restoran dengan jumlah menu yang banyak dan bervariasi nggak selamanya baik. Dari sudut pandang pelanggan, menu yang jumlahnya banyak berpotensi untuk menimbulkan yang disebut paradox of choice.

Artinya, pelanggan akan semakin bingung bila dihadapkan dengan jumlah pilihan yang banyak dari sesuatu. Selain itu, pengalaman pemesanan yang dilakukan pelanggan pun akan semakin kurang baik. 

Oleh karena itu, menyederhanakan menu bisa menjadi salah satu cara yang pas untuk membantu pelanggan dalam memesan dan nggak menimbulkan kebingungan.

Namun, penyederhanaan menu nggak hanya menguntungkan untuk pelanggan yang akan memesan, tetapi juga buat restoran yang melakukannya. Apa saja sih keuntungan yang bisa dirasakan restoran ketika penyederhanaan menu dilakukan?

Desain Menu Restoran

Sumber: Freepik.com

1. Meningkatkan Efisiensi Restoran

Dengan mengurangi berbagai menu yang nggak banyak dipesan, menu yang kurang populer, atau menu yang butuh banyak bahan dan rumit untuk dimasak, kamu jadi lebih mungkin untuk meningkatkan efisiensi operasional di restoran kamu.

Kamu pun jadi nggak perlu menumpuk bahan baku di penyimpanan restoran kamu. Proses operasional jadi cepat dan penyajian makanan pun jadi lebih maksimal. Setiap staf restoran kamu bisa memberikan hasil pekerjaan yang terbaik. Alhasil, pelanggan pun jadi nggak perlu menunggu lama untuk menikmati pesanannya.

2. Hemat Biaya Bahan Baku

Coba bayangkan.

Misalkan kamu punya 30 buah menu di restoran atau bisnis kuliner kamu. Lebih dari separuhnya nggak terlalu populer dan kurang begitu diminati. Alhasil, kamu pun hanya menjual beberapa menu saja yang populer dan banyak disukai oleh pelanggan kamu. Bahan baku untuk menu-menu yang nggak diminati pun menumpuk hebat di penyimpanan. Kamu jadi tekor atau merugi untuk pembelian bahan baku yang berlebih!

Dengan memiliki menu yang lebih sederhana dan nggak terlalu banyak jumlah pilihannya, kamu bisa berfokus pada berbagai menu yang memang benar-benar disukai oleh pelanggan kamu dan banyak diminati.

Untuk mengurangi rasa bosan dari pelanggan, kamu bisa menggonta-ganti beberapa menu dengan seasonal menu untuk menambah variasi menu.

3. Hemat Biaya Gaji

Semakin banyak pilihan menu yang kamu punya di restoran kamu berarti semakin banyak juga tenaga kerja atau staf restoran yang kamu butuhkan. Jumlah staf restoran yang banyak untuk mengolah banyaknya menu berpotensi menghasilkan inefisiensi proses kerja dan operasional di dapur.

Oleh karenanya, ketika kamu mengurangi jumlah menu atau menyederhanakannya, kamu jadi nggak butuh jumlah staf yang banyak untuk mengolah menu yang tersedia. Dengan jumlah staf yang sedikit pun, kamu akan bikin kondisi dapur jauh dari kesan sumpek dan ramai.

4. Mengurangi Sampah Makanan

Salah satu masalah yang banyak menimpa restoran adalah sampah makanan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, namun salah satu penyebab terbesarnya adalah terlalu banyak bahan baku yang disimpan oleh restoran. Banyaknya bahan baku yang nggak terpakai pun akan menghasilkan sampah makanan dalam jumlah besar.

Untuk itu, cara terbaik demi mengurangi sampah makanan adalah dengan menyederhanakan menu restoran.

Kalau menu restoran lebih sedikit, maka kamu berpotensi untuk mengurangi sampah makanan di restoran kamu. Terlebih lagi, kamu juga bisa mengurangi biaya bahan baku yang dibeli seperti di poin nomor 2.

Ternyata, menyederhanakan menu untuk restoran memberikan beragam keuntungan, mulai dari aspek finansial dan biaya hingga soal efisiensi pekerjaan di restoran dan sampah makanan yang berkurang. Apa kamu sudah mulai mempertimbangkan untuk menyederhanakan menu restoran kamu?