4 Kesalahan Marketing yang Berpengaruh Fatal untuk Restoran Kamu! (Dan Bagaimana Menanganinya)

27 Dec 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Industri kuliner dan restoran yang ketat mengharuskan kita untuk benar-benar tepat dalam melakukan marketing. Jangan sampai 4 kesalahan ini kamu lakukan!

Ketika kamu menyisihkan sebagian modal atau keuangan yang dimiliki restoran kamu untuk melakukan marketing, kamu harus ingat satu hal: Sisihkan uang tersebut untuk metode dan strategi marketing yang benar-benar tepat.

Jangan sampai kamu malah melakukan 4 kesalahan marketing ini yang justru bisa membawa bencana buat restoran kamu!

4 Kesalahan Marketing yang Berpengaruh Fatal untuk Restoran Kamu!

1. Terlalu Mengandalkan Word of Mouth

Word of mouth memang merupakan metode marketing untuk restoran yang begitu jitu dan ampuh untuk meraih lebih banyak potensi pasar.

Namun, kamu tetap perlu mengandalkan berbagai strategi dan metode pemasaran lainnya di samping word of mouth saja.

Kamu tetap membutuhkan strategi dan metode pemasaran lainnya untuk mendukung metode word of mouth sebagai salah satu metode pemasaran yang kamu gunakan.

Misalnya, kamu bisa mendukung metode word of mouth dengan strategi digital marketing yang menyeluruh. Dengan melakukan hal ini, metode word of mouth kamu bisa berjalan dengan konsisten dan konstan. Kamu juga bisa membuat konten di media sosial yang bisa mendorong terciptanya word of mouth.

2. Nggak Meminta Review Pelanggan

Ada pelanggan yang puas dan senang bukan kepalang setelah mengunjungi dan makan di restoran kamu? Jangan hanya ucapkan terima kasih saja!

Bila kamu biarkan mereka pergi begitu saja, artinya sebuah peluang terbuang sia-sia. Kamu melewatkan sebuah peluang untuk mendorong marketing restoran kamu lebih jauh.

Ketika mereka mengalami pengalaman yang menyenangkan setelah makan di restoran kamu, segeralah meminta mereka untuk memberikan review atau ulasan. Agar mereka lebih tertarik atau tergoda melakukannya, sertakan juga insentif seperti diskon, kupon, atau reward tertentu seperti merchandise.

Merancang Strategi Marketing

Sumber: Freepik

3. Nggak Punya Metrik atau Ukuran Keberhasilan

Ketiadaan benchmark atau standar keberhasilan untuk restoran kamu sama saja dengan bencana.

Kamu akan kesulitan untuk mengenal dan memahami seberapa jauh restoran kamu berjalan, apa saja yang sudah kamu raih, hingga bagaimana rencana marketing kamu berjalan.

Untuk itu, selalu buatlah metrik atau ukuran keberhasilan tersendiri untuk restoran kamu. Buatlah secara spesifik dan detail. Sematkan juga durasi untuk meraih target tersebut.

Dengan begitu, ketika kamu membuat rencana marketing untuk restoran kamu, kamu akan bisa mengukur proses dan menilainya serta memahami bagaimana perkembangan restoran kamu.

4. Salah Memilih Marketing Channel

Kesalahan lain yang juga tergolong begitu fatal untuk marketing restoran kamu adalah memilih marketing channel yang nggak tepat.

Ketika zaman sudah berkembang menuju digital marketing, memasarkan restoran kamu di marketing channel tradisional terasa jadi kurang pas.

Meski begitu, ketika kamu memilih marketing channel untuk digital marketing, kamu juga jangan asal memilihnya. Bukan berarti ketika digital marketing naik begitu drastis, kamu malah menggunakan setiap digital marketing channel untuk marketing restoran kamu.

Daripada begitu, pahami dulu target pasar kamu dan cari tahu marketing channel yang paling banyak dipakai oleh target pasar kamu. Barulah kamu dapat memilih marketing channel yang tepat.

Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS