4 Cara yang Perlu Dilakukan Pelayan Kamu Demi Memberi Pengalaman Positif Buat Pelanggan!

13 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Pengalaman yang positif buat pelanggan dimulai dengan menerapkan 4 cara ini oleh pelayan kamu!

Menjadi pelayan terlihat mudah di atas kertas. Nyatanya, pekerjaan ini adalah sesuatu yang lebih dari sekadar menyapa pelanggan, memberikan buku menu, dan mengantar pesanan. Menjadi pelayan adalah tentang memberikan pengalaman yang positif dan berkualitas buat pelanggan. Pelayan adalah garda terdepan bagi restoran kamu untuk menciptakan pengalaman terbaik buat pelanggan.

Agar pelayanan di restoran kamu dapat meningkat dengan drastis dan mampu memberikan pengalaman yang positif buat pelanggan, 4 tips ini bisa kamu ajarkan kepada para pelayan kamu.

1. Memahami Situasi

Setiap kali seorang atau sekelompok pelanggan masuk ke dalam restoran kamu, pelayan kamu harus mampu membaca situasi. Pelayan kamu harus mengetahui apa mereka sedang asyik berbincang-bincang, rileks dan santai, atau mereka sedang sedikit emosional atau kurang bersahabat. Dengan membaca situasi, pelayan kamu pun jadi tahu apa yang harus dilakukan untuk setiap pelanggan. Terlebih lagi, setiap pelanggan memiliki kondisi emosional dan perilaku yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

2. Maksimalkan Body Language

Bahasa tubuh bisa dikatakan sebagai "bahasa kedua" dari seorang pelayan di restoran. Menggunakan bahasa tubuh dapat dimulai dari pandangan mata, gerakan tangan, hingga senyuman. Hal-hal ini perlu untuk dimanfaatkan oleh seorang pelayan demi menciptakan pengalaman dan pelayanan yang lebih positif untuk pelanggan. Ketika pelanggan datang, berikan senyuman, gunakan gestur yang lembut dan nggak berlebihan, lakukan eye contact untuk menciptakan kesan perhatian kepada pelanggan. Tapi, jangan sampai kesannya terlalu berlebihan ya.

3. Fokus pada Pelayanan yang Cepat

Sebagai seorang pelayan, kecepatan pelayanan harus jadi selalu jadi prioritas kamu. Pastikan pelanggan kamu nggak menunggu berlama-lama untuk pesanan mereka. Usahakan agar kamu bisa segera mengeluarkan pesanan minuman untuk diantar ke mereka. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menyediakan pelanggan dengan makanan ringan sembari mereka menunggu pesanan mereka. Intinya, jangan sampai mereka menunggu pesanan mereka berlama-lama hingga mereka bosan dan kesal.

4. Jadilah Personal

Tugas seorang pelayan lebih dari sekadar mengantarkan pesanan dan juga bill pesanan kepada pelanggan. Seorang pelayan juga harus mampu menunjukkan perhatian dan kepedulian kepada setiap pelanggan. Artinya, setiap pelayan harus bisa memberikan pelayanan yang terasa dekat buat para pelanggannya. Dengan kedekatan dan interaksi yang dibangun oleh setiap pelanggan, pelanggan pun jadi merasa lebih dilayani dan diperhatikan. Hal ini tentunya akan menambah pengalaman pelanggan jadi lebih positif.

Melayani pelanggan memang mudah. Namun, memberikan pengalaman yang positif buat pelanggan, itu yang nggak mudah. Dengan 4 tips di atas, diharapkan pelayan di restoran kamu bisa memberikan yang terbaik dan menciptakan pengalaman yang positif buat para pelanggan kamu!