4 Cara Mudah Ketahui Kepuasan Pelanggan yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

3 Jan 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Mengetahui kepuasan pelanggan bisa dilakukan dengan lebih mudah lewat cara ini!

Semakin usaha restoran kamu berkembang dan membesar, semakin kamu akan kesulitan untuk memahami tingkat kepuasan pelanggan di restoran kamu.

Meski begitu, ada beberapa cara yang siap memudahkan kamu mengetahui dan memahami seberapa puas pelanggan kamu setelah mengunjungi restoran kamu. Ada apa saja cara yang bisa kamu lakukan?

4 Cara Mudah Ketahui Kepuasan Pelanggan yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

1. Periksa Jumlah Pelanggan

Cara pertama untuk mengetahui kepuasan pelanggan adalah dengan melakukan perhitungan jumlah pelanggan selama periode tertentu.

Jika situasi restoran kamu selalu ramai setiap harinya, artinya pelanggan kamu menyukai kamu dan merasa puas atas apa yang kamu sajikan. Kondisi ini akan semakin baik apabila kamu bisa menemukan langganan atau pelanggan reguler di dalam keramaian tersebut.

Sebaliknya, apabila restoran kamu semakin sepi setiap harinya, artinya ketidakpuasan pelanggan cukup tinggi dan pelanggan yang merasa nggak puas cenderung menyarankan orang lain untuk nggak mengunjungi restoran kamu.

2. Perhatikan Average Order Size

Jumlah pesanan rata-rata adalah indikator yang baik untuk mengukur kepuasan pelanggan.

Bila seorang atau sekelompok pelanggan di sebuah meja duduk dalam waktu lama sekaligus memesan secara kontinu, kemungkinan besar pelanggan tersebut merasa puas dan nyaman dengan restoran kamu.

Hal tersebut dapat disebabkan karena pelayanan yang totalitas dan ramah hingga kualitas sajian kamu yang nggak main-main.

Di Trofi POS, kamu bisa memeriksa rata-rata pesanan yang dilakukan oleh pelanggan tertentu. Kamu pun bisa melakukan manajemen pelanggan untuk memahami riwayat transaksi dan pesanan yang pernah dilakukan seorang pelanggan atau langganan.

Dengan memahami average order size dari seorang atau sekelompok pelanggan di Trofi POS, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kepuasan pelanggan dan kecenderungan mereka untuk kembali ke restoran kamu.

Sumber: Freepik

3. Hitung Jumlah Tip

Indikator lain dari kepuasan pelanggan yang seringkali diabaikan adalah jumlah tip yang pelanggan berikan.

Walau budaya tipping atau memberikan tip di Indonesia bukanlah suatu tindakan yang populer, namun ada saja pelanggan restoran atau coffee shop yang memberikan tip untuk restoran atau coffee shop yang ia kunjungi.

Biasanya, ketika seorang pelanggan memberikan tip untuk restoran yang ia kunjungi, itu artinya ia ingin memberikan apresiasi ekstra atas apa yang telah kamu berikan kepada mereka. Hal itu juga menandakan mereka senang dan puas dengan restoran kamu.

4. Baca Online Review

Review yang positif memang menandakan pelanggan yang merasa puas akan restoran kamu.

Namun, kamu harus fokus untuk memperoleh review positif yang juga merekomendasikan atau menyarankan orang lain yang membaca review tersebut untuk mengunjungi restoran kamu.

Ketika kamu memperoleh review seperti ini, artinya pelanggan tersebut bukan hanya merasa senang, tetapi juga merasa puas sehingga rela untuk menceritakan restoran kamu kepada orang lain.

Artikel Terkait
Figure Blog
18 Feb 2022
Mau Work From Cafe? Coba 3 Cafe di Tangerang Ini!

Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Cafe & Coffee Shop, Apa Bedanya?

Suka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Dapat Review Negatif? Begini 3 Cara Menanganinya!

Jangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!

Baca selengkapnya
Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS