Semakin usaha restoran kamu berkembang dan membesar, semakin kamu akan kesulitan untuk memahami tingkat kepuasan pelanggan di restoran kamu.
Meski begitu, ada beberapa cara yang siap memudahkan kamu mengetahui dan memahami seberapa puas pelanggan kamu setelah mengunjungi restoran kamu. Ada apa saja cara yang bisa kamu lakukan?
Cara pertama untuk mengetahui kepuasan pelanggan adalah dengan melakukan perhitungan jumlah pelanggan selama periode tertentu.
Jika situasi restoran kamu selalu ramai setiap harinya, artinya pelanggan kamu menyukai kamu dan merasa puas atas apa yang kamu sajikan. Kondisi ini akan semakin baik apabila kamu bisa menemukan langganan atau pelanggan reguler di dalam keramaian tersebut.
Sebaliknya, apabila restoran kamu semakin sepi setiap harinya, artinya ketidakpuasan pelanggan cukup tinggi dan pelanggan yang merasa nggak puas cenderung menyarankan orang lain untuk nggak mengunjungi restoran kamu.
Jumlah pesanan rata-rata adalah indikator yang baik untuk mengukur kepuasan pelanggan.
Bila seorang atau sekelompok pelanggan di sebuah meja duduk dalam waktu lama sekaligus memesan secara kontinu, kemungkinan besar pelanggan tersebut merasa puas dan nyaman dengan restoran kamu.
Hal tersebut dapat disebabkan karena pelayanan yang totalitas dan ramah hingga kualitas sajian kamu yang nggak main-main.
Di Trofi POS, kamu bisa memeriksa rata-rata pesanan yang dilakukan oleh pelanggan tertentu. Kamu pun bisa melakukan manajemen pelanggan untuk memahami riwayat transaksi dan pesanan yang pernah dilakukan seorang pelanggan atau langganan.
Dengan memahami average order size dari seorang atau sekelompok pelanggan di Trofi POS, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kepuasan pelanggan dan kecenderungan mereka untuk kembali ke restoran kamu.
Sumber: Freepik
Indikator lain dari kepuasan pelanggan yang seringkali diabaikan adalah jumlah tip yang pelanggan berikan.
Walau budaya tipping atau memberikan tip di Indonesia bukanlah suatu tindakan yang populer, namun ada saja pelanggan restoran atau coffee shop yang memberikan tip untuk restoran atau coffee shop yang ia kunjungi.
Biasanya, ketika seorang pelanggan memberikan tip untuk restoran yang ia kunjungi, itu artinya ia ingin memberikan apresiasi ekstra atas apa yang telah kamu berikan kepada mereka. Hal itu juga menandakan mereka senang dan puas dengan restoran kamu.
Review yang positif memang menandakan pelanggan yang merasa puas akan restoran kamu.
Namun, kamu harus fokus untuk memperoleh review positif yang juga merekomendasikan atau menyarankan orang lain yang membaca review tersebut untuk mengunjungi restoran kamu.
Ketika kamu memperoleh review seperti ini, artinya pelanggan tersebut bukan hanya merasa senang, tetapi juga merasa puas sehingga rela untuk menceritakan restoran kamu kepada orang lain.