4 Cara Inventory Turnover bisa Membantu Perkembangan Bisnis Restoran Kamu!

17 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Menghitung inventory turnover adalah sesuatu yang nggak boleh kamu abaikan. Hasil perhitungannya akan membantu kamu membawa perkembangan bisnis restoran kamu ke arah yang lebih baik!

Perkembangan bisnis restoran nggak lepas dari yang namanya inventori.

Agar perkembangan bisnis kamu semakin lancar, inventori menjadi bagian bisnis yang nggak boleh luput kamu hitung.

Hasil perhitungan inventori akan menentukan perkembangan bisnis restoran kamu dan bagaimana kamu akan membawanya ke arah yang lebih baik.

Agar dapat menghitung inventori dengan baik, kamu perlu kenali inventory turnover lebih dalam dan bagaimana inventory turnover akan membantu kamu membawa perkembangan bisnis restoran kamu menjadi semakin positif!

Mengenal Apa itu Inventory Turnover

Inventory turnover merupakan suatu rasio yang digunakan untuk seberapa cepat inventori restoran kamu terjual dalam periode waktu tertentu.

Inventory turnover adalah salah satu rasio terpenting yang perlu digunakan untuk mengetahui perputaran inventori restoran kamu dan bisa menjadi acuan bagi kamu untuk menentukan kondisi dan perkembangan bisnis restoran kamu ke depannya.

Rumus Menghitung Inventory Turnover

Untuk menghitung inventory turnover, rumus dasar yang perlu kamu terapkan adalah:

Inventory turnover = Penjualan / Rata-rata inventori

Memang terlihat sederhana, namun dalam rumus tersebut, kamu perlu mengetahui jumlah rata-rata inventori di restoran kamu. Untuk itu kamu perlu menghitung dulu rata-rata inventori di restoran kamu dengan menggunakan rumus:

Rata-rata inventori = Inventori di awal periode + Inventori di akhir periode / 2

Hasil dari rata-rata inventori restoran kamu tinggal kamu masukkan ke rumus inventory turnover sebelumnya. Akhirnya, kamu akan bisa memperoleh rasio inventory turnover dari restoran kamu sendiri!

Perempuan Mengambil Inventori atau Bahan Baku Restoran di Kulkas

Sumber: Freepik.com

Apa Kriteria Inventory Turnover yang Baik?

Sejatinya nggak ada kriteria mutlak dari inventory turnover yang baik.

Namun, ada dua aturan yang perlu kamu ingat untuk mengenali rasio inventory turnover yang kamu dapatkan.

Pertama: Apabila rasio inventory turnover kamu terlalu tinggi, hal tersebut bisa inventori yang keluar masuk restoran yang lebih cepat. Hal ini menandakan bahwa kamu berpotensi untuk kewalahan dalam melakukan restocking dan mengelola perputaran inventori yang cepat.

Kedua: Apabila rasio inventory turnover kamu terlalu rendah, artinya perputaran inventori sangatlah lambat. Hal ini menandakan bahwa inventori di restoran kamu banyak yang nggak terpakai dan akan menimbulkan masalah baru.

Apa Pengaruh Inventory Turnover bagi Perkembangan Bisnis Restoran Kamu?

1. Mengetahui Indikasi Overstocking

Rasio Inventory Turnover akan membantu kamu lebih mengetahui dan memahami adanya overstocking yang restoran kamu alami.

Hal ini dapat disebabkan karena salah dugaan atas permintaan di restoran kamu sehingga kamu malah menyimpan inventori berlebih.

Kelebihan sesuatu memang lebih baik daripada kekurangan. Namun, dalam konteks ini, keduanya sama-sama bermasalah. Pasalnya, inventori restoran akan tiba pada tanggal kadaluarsanya. Jika itu terpaksa harus merugi karena inventori yang kadaluarsa dan nggak terpakai sama sekali.

2. Mengurangi Pemborosan Inventori

Masih menyambung poin nomor dua, rasio inventory turnover akan membantu kamu untuk menekan pemborosan inventori.

Dengan menghitung inventory turnover, kamu akan mendapat gambaran dan perhitungan yang jelas tentang seberapa banyak inventori yang harus kamu beli. Hal ini akan membantu kamu mengurangi pemborosan inventori dan menurunkan kerugian restoran serta food waste yang ditimbulkan restoran.

3. Memperbaiki Pilihan Menu

Bila inventory turnover yang lambat disebabkan oleh karena terlalu banyak jumlah menu sehingga mengharuskan kamu untuk membeli banyak inventori, ada baiknya untuk memotong jumlah menu yang kamu sediakan. Jangan sampai membuat pilihan menu yang terlalu banyak.

Cara menarik yang bisa kamu terapkan lainnya adalah dengan menggunakan beragam bahan serupa untuk beberapa menu. Alhasil, kamu nggak perlu restock banyak jenis inventori untuk setumpuk menu di restoran kamu.

4. Menyusun Strategi Penjualan yang Tepat

Walau jumlah menu dan inventori kamu nggak terlalu banyak, inventory turnover bisa saja menunjukkan perputaran yang lambat. Kalau sudah begini, artinya penjualan restoran kamu sedang lesu.

Dari sini, kamu dapat segera bergerak untuk membuat dan menyusun strategi pemasaran dan penjualan yang tepat. Adakan promo, buat event khusus, hingga ciptakan seasonal menu dari berbagai inventori yang ada.

Siapa tahu, kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan serta mempercepat perputaran inventori kamu!

Kelola Inventory Turnover dengan Trofi!

Biar kamu lebih mudah mengelola inventori dan menghitung inventory turnover, Trofi siap membantu kamu!

Dengan fitur manajemen inventori, kamu bisa melakukan update inventori dengan cepat dan otomatis sehingga dapat langsung menghitung keluar masuknya inventori di restoran kamu.

Di samping itu, ada juga fitur laporan penjualan untuk mengetahui tingkat penjualan di restoran kamu, memudahkan kamu untuk menghitung inventory ratio dan mengetahui apabila penjualan restoran kamu sedang lesu.

Alhasil, inventory ratio bisa diketahui dengan lebih jelas dan cepat, perkembangan bisnis kamu jadi lebih terarah!