4 Bagian untuk Dipertimbangkan Saat Merancang Layout atau Tata Ruang Restoran!

24 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Dengan tata ruang restoran yang baik dan tertata rapi, operasional restoran lancar, pelanggan pun jadi nyaman!

Layout restoran yang baik adalah yang lebih dari sekadar cantik dan estetik atau memanjakan mata, tetapi juga mampu memudahkan mobilitas setiap orang yang ada di dalamnya. Selain itu layout restoran yang baik juga harus fokus pada menyajikan kenyamanan dan keamanan bagi orang-orang di restoran tersebut.

Kali ini, kita akan melihat lebih dalam bagaimana merancang layout restoran yang baik dengan membaginya menjadi 4 aspek dan mempelajari bagaimana merancang setiap aspek dengan jeli dan tepat.

1. Bagian Dapur

Dapur adalah nyawa dari restoran kamu. Di sinilah semua hal yang berkaitan soal operasional dan masak-memasak terjadi. Karenanya, tata ruang di dapur kamu harus dibuat dengan fokus pada kemudahan mobilitas atau pergerakan setiap staf dapur. Penataan furnitur dan peralatan dapur, mulai dari penyimpanan bahan baku, persiapan bahan baku, station memasak, hingga tempat cuci-mencuci, semuanya harus tertata sedemikian rupa agar nggak menghambat mobilitas setiap staf dan memperlancar proses masak-memasak dan operasional lainnya. Nggak lupa juga, kamu harus mengatur tata letak pick-up area khusus jasa kurir atau aplikasi.

2. Bagian Dining

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam merancang dining area adalah penataan meja dan kursi yang optimal. Jumlah meja dan kursi di dining area jangan terlalu banyak dan sebisa mungkin jangan terlalu dekat dengan area yang ramai dan penuh dengan lalu lalang orang, seperti kamar kecil atau toilet dan dapur. Jika memungkinkan untuk memiliki outdoor space, kamu bisa menyediakan sedikit outdoor space untuk memberikan suasana baru. Selain itu, Di era di mana social distancing masih menjadi hal utama di ruangan indoor, kamu pun nggak boleh lupa untuk memberikan sedikit jarak antara setiap meja kursi yang tersedia.

3. Bagian Waiting Room

Meski terkesan sederhana, waiting room adalah sudut ruang yang begitu berpengaruh untuk bisnis restoran kamu. Jangan sampai kamu membiarkan para pelanggan kamu yang ingin menikmati sajian di restoran kamu malah menunggu tanpa tempat yang layak dan nyaman.

Tempat menunggu atau waiting room sudah selayaknya dilengkapi dengan QR Menu untuk membiarkan pelanggan kamu memilih menu yang akan dipesan, kursi dan bangku yang nyaman, dan menyediakan fasilitas tambahan lain seperti camilan agar pelanggan yang sedang menunggu nggak cepat bosan. Nggak hanya itu, seperti area dining, kamu juga jangan sampai melupakan social distancing dalam merancang tata ruang untuk waiting room atau waiting corner agar para pelanggan yang menunggu nggak terlalu berdesakan.

4. Bagian Staff Room

Nggak hanya pelanggan, tapi staf restoran pun perlu perhatian lebih dari kamu sebagai pemilik restoran. Menyediakan staff room yang nyaman dan layak adalah kunci untuk membuat staf bahagia. Pastikan staff room nggak terlalu sumpek dan penuh dengan barang. Berikan ruang yang cukup spacious dan lega untuk para staf restoran beristirahat dan sekadar bergantian shift. Berikan juga beberapa meja dan kursi untuk mereka bersantai.

Beberapa hal mendasar tadi perlu menjadi perhatian kamu ketika nanti akan membangun dan merancang tata ruang yang layak di restoran. Pastikan agar setiap ruangan menjadi lebih nyaman, layak, dan tertata rapi untuk setiap orang yang ada di dalamnya. Ruangan yang tertata rapi dan teratur akan membuat operasional lebih lancar dan pelanggan lebih nyaman dan puas.