3 Tips Mudah Hadapi dan Kelola Pelanggan yang Last Order di Restoran Kamu!

17 Apr 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Mengelola last order memang jadi tantangan tersendiri. Tapi, dengan 3 tips ini, kamu akan tahu betapa mudahnya mengelola last order di restoran kamu!

Tromates, pernah nggak ketika resto kalian sudah menjelang jam tutup dan tiba-tiba ada pelanggan yang datang ke restoran kamu? Atau ada pelanggan yang menjelang jam tutup masih berada di restoran kamu?

Kondisi seperti ini tergolong tricky. Di satu sisi, kamu ingin segera membereskan restoran kamu dan menutupnya. Di sisi lain, ada kebingungan tersendiri karena takut terkesan mengusir pelanggan tersebut.

Kalau itu biasanya kamu alami, pembahasan kali ini akan membantu kamu untuk nggak bingung lagi hadapi last order di restoran kamu!

3 Tips Mudah Hadapi dan Kelola Pelanggan yang Last Order di Restoran Kamu!

1. Ingatkan Pelanggan dengan Sopan

Salah satu langkah paling baik untuk dilakukan adalah dengan memberikan reminder atau mengingatkan pelanggan tersebut dengan sopan.

Gunakan nada bicara yang tepat dan sopan sehingga kamu nggak terkesan ofensif dan mengusir pelanggan. Bila kamu mengingatkan secara frontal, besar kemungkinan untuk mereka jadi tersinggung dan merasa nggak nyaman untuk di restoran kamu.

2. Berikan Pertanyaan yang Tepat

Selanjutnya, tanyakan pertanyaan yang tepat kepada mereka.

Misalnya, ketika kamu sedang mengingatkan mereka bahwa restoran kamu ingin segera tutup dan akan menerima last order, tanyakan apakah mereka ingin memesan kembali sebelum restoran tutup.

Selain itu, tanyakan juga kepada mereka apakah mungkin ada gelas atau piring kosong yang bisa diangkat untuk segera dibereskan.

Dengan memberikan pertanyaan yang tepat, kamu juga sekaligus membuat mereka menyadari bahwa restoranmu sudah menjelang jam tutup dan akan segera beres-beres.

3. Bereskan Dulu Hal-hal Lain

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan membereskan terlebih dahulu berbagai hal yang bisa dibereskan di restoran kamu.

Ketika masih ada pelanggan yang bersantai atau mengobrol di restoran kamu dan jam tutup restoran sudah dekat, maka kamu bisa mencicil untuk membereskan berbagai hal lain di restoran kamu.

Misalnya, kamu bisa terlebih dahulu membereskan dan membersihkan peralatan masak atau cafe, memeriksa bahan baku yang tersisa, membersihkan meja dan kursi yang kosong, hingga menyapu lantai. Hal ini akan memberikan sinyal kepada mereka bahwa restoran kamu akan segera tutup.

Di sisi lain, beban kamu untuk mengurus penutupan restoran jadi lebih ringan karena kamu sudah membereskan hal-hal lain terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dalam mengurus last order di restoran, buatlah pelanggan merasa nyaman terlebih dahulu.

Selalu utamakan sopan santun dan memberikan pertanyaan yang tepat agar mereka bisa menyadari bahwa waktu last order sudah tiba dan restoran sudah mau tutup.

Namun, kalau ternyata kamu yang lupa mengurus last order di restoran, jangan takut dan kaget! Trofi punya last order reminder yang siap ingatkan kamu ketika untuk menanyakan last order kepada pelanggan kamu.

Walau kamu lagi hectic, kamu jadi tetap ingat momen untuk tawarkan last order ke pelanggan kamu. Jadi, kamu bisa mengelola pesanan dengan lebih jitu dan penutupan restoran bisa lebih lancar!

Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS