3 Tips Manjur Mencegah Labor Cost yang Terlalu Tinggi untuk Bisnis Restoran Kamu!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Agar beban gaji di restoran kamu nggak terlalu tinggi, yuk simak 3 tips manjur ini untuk mencegahnya!

Dalam proses perkembangan bisnis kamu, kamu tentunya nggak akan hanya bergantung dengan 1 - 2 orang pegawai saja. Kamu tentunya akan mulai melakukan rekrutmen kembali jika bisnis restoran kamu semakin berkembang dan volume pelanggan semakin tinggi untuk ditangani oleh sedikit pegawai saja.

Namun, sebelum melakukan rekrutmen besar-besaran, salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah labor cost atau biaya tenaga keraja yang akan kamu keluarkan. Kalau kamu melakukan rekrutmen besar-besaran tanpa memikirkan biaya tenaga kerja yang akan kamu keluarkan, maka hal tersebut bisa jadi bencana buat bisnis kamu.

Kalau kamu memang ingin melakukan rekrutmen tanpa harus memiliki biaya tenaga kerjayang terlalu tinggi, 3 tips di bawah ini siap membantu kamu!

1. Latihan Multitasking

Demi mengurangi biaya tenaga kerja yang tinggi, kamu bisa menerapkan metode latihan yang disebut cross training. Metode ini membantu para staf kamu untuk memiliki lebih dari satu keahlian saat bekerja. Alhasil setiap staf kamu dapat melakukan beberapa pekerjaan lain atau yang umum disebut sebagai multitasking. Dengan begitu, kamu pun nggak perlu lagi bergantung pegawai tertentu untuk pekerjaan tertentu. Pegawai tertentu bisa cover pekerjaan pegawai lain apabila ia sedang sakit atau sedang sibuk untuk pekerjaan yang lain.

2. Kurangi Jam Operasional

Kalau kamu merasa di waktu-waktu tertentu restoran kamu sepi pelanggan, maka kamu bisa mengubah jam operasionalnya. Hal ini nggak hanya membantu kamu untuk mengurangi biaya tenaga kerja saja, tetapi juga membantu kamu untuk mengurangi biaya di beberapa aspek lain, mulai dari biaya listrik hingga kebutuhan air. Dengan begitu, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui!

3. Tingkatkan Kebahagiaan Pegawai

Pegawai yang bahagia dan puas bukan hanya kunci menjalankan bisnis restoran yang baik dan lancar, tetapi juga kunci dalam mencegah peningkatan biaya tenaga kerja yang berlebihan. Untuk meningkatkan kebahagiaan pegawai, kamu bisa mulai dengan cara sederhana, seperti berdiskusi secara positif dan berikan saran yang baik untuk perkembangan dan performanya. Kamu bisa juga memberikan apresiasi berupa bonus atau mengajak para pegawai kamu berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

4. Gunakan Aplikasi POS

Mencegah biaya tenaga kerja yang berlebih selalu membutuhkan bantuan teknologi. Salah satunya adalah aplikasi POS restoran. Namun, aplikasinya nggak boleh sembarangan! Aplikasi POS restoran yang bisa membantu kamu mencegah biaya tenaga kerja berlebih adalah aplikasi yang serba bisa seperti Trofi yang bisa bantu kamu kelola pembayaran, laporan penjualan, hingga stock opname. Kamu dijamin nggak butuh biaya tambahan lagi untuk tambah pegawai baru untuk berbagai pekerjaan tersebut!

Sebagai pebisnis, kamu harus selalu bisa mengantisipasi apapun yang punya potensi peningkatan yang berlebihan, termasuk soal biaya tenaga kerja. Dengan 4 tips di atas, kamu dijamin bisa mencegah biaya tenaga kerja membengkak di bisnis restoran kamu!