3 Momen Ini adalah Saat Terbaik buat Ekspansi Bisnis Restoran Kamu!

5 Aug 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Bingung kapan harus melakukan ekspansi dengan tepat? 3 momen ini jadi waktu terbaik untuk kamu melakukan ekspansi!

Dalam bertumbuh dan berkembang, ekspansi adalah salah satu bagian yang jadi target banyak pebisnis. Ketika melakukan ekspansi, maka kamu bisa melebarkan sayap kamu, semakin menguatkan bisnis kamu di dalam industri, dan meraih lebih banyak pelanggan loyal.

Namun, ekspansi bisnis nggak pernah mudah. Kamu harus tahu kapan momen terbaik untuk melakukan ekspansi agar ekspansi kamu nggak gagal dan bisa berjalan lancar.

Lantas, kapan baiknya kamu melakukan ekspansi untuk bisnis restoran kamu?

1. Saat Memiliki Tim yang Memadai

Ketika kamu sudah punya sekelompok staf yang benar-benar bisa kamu andalkan dan memiliki performa yang konsisten di setiap waktu kerjanya, maka tugas kamu dalam menjalankan bisa terasa lebih ringan. Terlebih lagi, jika mereka punya komitmen untuk bersama-sama mengembangkan dan memajukan restoran kamu, maka kamu bisa dengan mudahnya untuk melakukan ekspansi dengan berani, sebab kamu punya jaminan dari tim kamu sendiri yang kualitas kerjanya bisa diandalkan. Kamu pun bisa menyerahkan sebagian besar pekerjaan di lokasi pertama bisnis kamu dan fokus untuk membangun bisnis di lokasi kedua.

2. Saat Permintaan Mulai Tinggi

Selama menjalankan bisnis restoran kamu untuk pertama kalinya, coba perhatikan tingkat permintaan yang ada. Tingkat permintaan ini bukan hanya sekadar tingkat permintaan di lokasi pertama saja ya, tetapi juga di berbagai lokasi lain. Ketika restoran kamu ramai di lokasinya sekarang, kondisi tersebut belum tentu berulang di lokasi yang lain.

Untuk mengetahui permintaan yang tinggi, kamu bisa mendengarkan berbagai komentar dan permintaan dari orang lain. Biasanya, mereka akan berkomentar di media sosial ataupun online directory. Biasanya, mereka akan berkomentar "Kapan buka di daerah X?" atau "Ayo buka cabang di tempat Z!". Namun, kamu sendiri sebagai pebisnis juga harus memperhatikan apakah lokasi yang disampaikan oleh para pengikut atau pelanggan kamu itu benar-benar potensial untuk dijadikan lokasi yang pas untuk cabang restoran kamu yang baru.

3. Saat Memiliki Kesiapan Sumber Daya

Setiap kali membuka cabang, tentu saja pembicaraan nggak luput dari persoalan sumber daya uang atau modal. Hal tersebut memang betul adanya, karena tentunya proses ekspansi bisnis selalu membutuhkan modal yang mencukupi.

Namun, ekspansi bisnis adalah lebih dari sekadar modal saja. Kamu perlu memahami sesuatu yang lebih dari sekadar modal, seperti arus kas dan kesehatan finansial dari restoran kamu. Kedua kondisi ini adalah kunci yang dapat menentukan apakah kamu sudah siap dan bisa melakukan ekspansi restoran tanpa harus khawatir mengalami kondisi finansial yang terguncang. Dengan arus kas yang baik dan finansial yang sehat, setidaknya kamu bisa melakukan ekspansi dengan lebih aman tanpa takut terguncang secara finansial akibat kondisi-kondisi tertentu yang merugikan.

Di samping itu, kamu membutuhkan sumber daya lainnya, seperti peralatan dan ketersediaan bahan baku. Ketika kamu sudah punya lokasi potensial untuk cabang terbaru dari restoran kamu, perhatikan dan pelajari juga aksesibilitas dan lingkungan bisnis kamu. Perhatikan bagaimana kamu bisa memperoleh bahan baku dengan mudah, pelajari ketersediaan sumber daya manusia juga untuk tambahan staf di restoran kamu.

Ekspansi bisnis tak cukup dengan modal besar dan restoran yang ramai. Cobalah untuk selalu memahami kondisi-kondisi lain, seperti kesehatan finansial dan sumber daya lainnya. Ketika semuanya terpenuhi, maka kamu sudah siap melanjutkan petualangan terbaru dalam menjalankan bisnis restoran kamu!