Manajemen persediaan yang jitu bukan hanya akan mempermudah proses operasional restoran kamu.
Manajemen persediaan yang jitu juga bisa bikin keuangan restoran kamu jadi lebih lega dan terkendali.
Namun, bagaimana hal tersebut dilakukan? Simak 3 metode manajemen persediaan ini agar pengeluaran restoran kamu jadi lebih hemat!
Setiap kali kamu menerima persediaan baru yang sudah kamu beli, selalu ingat untuk lakukan quality control.
Quality control di sini berarti memeriksa kualitas dan keamanan kemasan dari setiap bahan baku, tanggal kadaluarsa, hingga kondisi bahan baku yang sudah kamu terima di restoran kamu.
Pastikan semuanya tetap aman dan segar. Kalau kamu menemukan ada kerusakan pada bahan baku yang kamu terima atau kemasannya, hal ini membuat kamu mau nggak mau melakukan reorder untuk menggantinya dengan bahan baku yang lebih segar.
Karenanya, pengeluaran kamu bisa bertambah dan hal ini akan menambah beban pengeluaran kamu.
Untuk itu, quality control itu penting untuk memastikan kualitas bahan baku dan kemasannya agar kamu nggak perlu terbebani biaya pengeluaran yang tinggi hanya untuk mengganti bahan baku.
Sumber: Freepik.com
Salah satu cara terbaik mengelola persediaan atau bahan baku di restoran kamu adalah dengan memiliki persediaan atau bahan baku tersebut dalam jumlah seminimal mungkin.
Namun, dengan cara ini, kamu jangan takut untuk selalu kehabisan persediaan atau bahan baku yang kamu punya. Cara ini membantu kamu untuk menekan tingkat food waste ke angka yang lebih rendah dan mengurangi kerugian material akibat bahan baku yang nggak terpakai.
Untuk itu, jika kamu takut kehabisan bahan baku hanya karena persediaan yang kamu miliki tergolong minimal, kamu perlu membuat estimasi pembelian bahan baku dengan tepat berdasarkan histori pembelian atau tingkat permintaan dari bulan-bulan sebelumnya.
Agar kamu dapat melakukannya, disarankan untuk menggunakan aplikasi manajemen persediaan atau kasir seperti aplikasi Trofi App untuk membantu kamu memahami histori kebutuhan dan tingkat permintaan pelanggan akan suatu menu.
Dengan sistem FIFO (First In, First Out), kamu bukan hanya menjamin kesegaran bahan baku yang kamu gunakan karena kamu mengeluarkan atau menggunakan bahan baku yang lebih dulu tiba.
Dengan sistem ini, kamu juga dapat menekan pengeluaran restoran kamu dengan memberikan ruang untuk memberikan bahan baku yang baru kamu beli atau tiba.
Alhasil, ketika bahan baku baru telah tiba ketika bahan baku restoran kamu hampir habis, kamu bisa segera memanfaatkannya dan hal ini akan menghindarkan kamu untuk buang-buang bahan baku.
Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!
Baca selengkapnyaSuka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!
Baca selengkapnyaJangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!
Baca selengkapnya