Kehadiran aplikasi delivery untuk restoran tak ayal memudahkan kehidupan banyak restoran dan para pelanggannya.
Walaupun begitu, ada beberapa hal yang cenderung jadi tantangan tersendiri buat para pelaku bisnis restoran dalam mengelola delivery pesanan kepada pelanggan melalui aplikasi tersebut.
Apa saja masalah yang dihadapi dan bagaimana kamu sebagai pemilik usaha bisa menghadapinya?
Masalah: Ketika kamu memutuskan untuk memakai aplikasi delivery dan bekerja sama dengan mereka, kamu harus menyisihkan sebagian besar keuntungan delivery kamu dengan mereka. Ini biasanya disebut biaya komisi
Yang jadi ganjalan adalah biaya komisi yang mereka terapkan cukup besar, membuat kamu sebagai merchant harus menaikkan harga di sistem delivery yang dipakai.
Hal ini juga jelas menjadi ganjalan buat pelanggan, yang harus membayar lebih mahal untuk porsi makanan yang sama.
Solusi: Kalau kamu menggunakan hanya 1 aplikasi delivery, kamu bisa coba mendongkrak jumlah pembelian produk daripada mendongkrak harga. Hal ini akan membantu kamu untuk menaikkan profit margin yang kamu punya.
Namun, kalau kamu menggunakan lebih dari 1 aplikasi delivery, kamu bisa coba menggunakan sistem virtual brand. Dengan virtual brand, kamu bisa hadir di aplikasi delivery lain dengan brand yang berbeda namun di bawah payung usaha yang sama.
Solusi lain adalah dengan menggunakan sistem online order seperti Trofi Online Order yang sama sekali nggak membebani biaya komisi untuk restoran kamu.
Masalah: Menggunakan 2 - 3 aplikasi delivery sebagai channel penjualan kamu memang membantu kamu meraup potensi keuntungan yang lebih tinggi.
Tapi di sisi lain, kondisi ini bisa bikin kamu kebakaran jenggot karena kamu akan kesulitan untuk mengelola pesanan dan mengatur channel penjualan apabila pesanan banyak datang.
Solusi: Fitur Manajemen Channel-nya Trofi adalah jawaban yang tepat untuk mengatur channel penjualan lebih mudah. Dengan fitur ini, kamu bisa mencantumkan channel penjualan yang kamu pakai dan menambahkan promo untuk tiap channel.
Masalah: Untuk memastikan pesanan pelanggan sudah dibuat dan sampai dengan selamat, komunikasi adalah kunci.
Namun, pada prakteknya, miskomunikasi dan misinformasi dengan pihak dapur atau back of house dan kurir seringkali terjadi. Back of house salah membuat pesanan sampai kurir harus menunggu lama atau salah mengambil pesanan.
Solusi: Untuk menjembatani komunikasi dengan back of house dan kurir, sistem kitchen display dari Trofi akan sangat berdampak positif.
Kitchen display akan membantu kasir memperoleh update ketersediaan dan status pesanan dari back of house. Selain itu, kasir bisa menerima status pesanan dari back of house dan memberitahu status pesanan ke kurir agar kurir nggak terlalu menunggu lama untuk pesanan yang akan dijemput.