Kalau bicara soal struk pesanan, barang yang satu ini seringkali dikesampingkan. Selain untuk menjadi bukti transaksi atau untuk pencatatan keuangan di restoran kamu, barang ini seperti nggak memiliki fungsi lain di restoran.
Meski begitu, berkat kemajuan teknologi, kondisi tersebut telah berubah.
Kini, kamu pun mulai bisa memanfaatkan struk transaksi untuk berbagai hal yang berdampak positif untuk pengembangan restoran kamu.
Struk transaksi di restoran bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan berbagai informasi pelanggan yang berguna untuk meningkatkan pelayanan buat mereka.
Dengan mengumpulkan informasi seperti nomor telepon atau email pelanggan, kamu bisa membagikan informasi mengenai promo hingga produk atau menu yang sesuai dengan selera pelanggan.
Tapi, ingat satu hal ya: Jaga baik-baik informasi pelanggan agar trust pelanggan nggak hilang!
Sumber: Freepik
Di struk transaksi, kamu bisa menyematkan barcode atau QR code khusus. QR code tersebut, bila di-scan, bisa membantu pelanggan untuk melakukan online order.
Pelanggan pun bisa menyimpan struk transaksi tersebut dan melakukan online order dengan QR code struk transaksi tersebut bila sewaktu-waktu pelanggan ingin memesan makanan atau minuman di restoran kamu.
Kalau kamu pakai Trofi, kamu bisa memudahkan pelanggan untuk online order lewat struk pesanan. Kamu bisa menuju Dashboard Trofi kamu, klik menu "Pengaturan", centang checkbox "QR Online Order", lalu simpan.
Setelahnya, kamu cukup login ke aplikasi Trofi di gadget kamu dan kamu pun bisa mencetak struk yang sudah terdapat QR Online Order di dalamnya untuk pelanggan kamu!
Kalau kamu ingin cara alternatif untuk mengumpulkan feedback, masukan, atau pendapat pelanggan, kamu bisa memanfaatkan struk transaksi kamu untuk menyematkan link atau QR code khusus di dalamnya.
Pelanggan bisa mengakses link atau QR code dan bisa langsung mengisi survei singkat mengenai kepuasan mereka kepada restoran kamu. Dari sini, kamu bisa mengumpulkan masukan dan opini pelanggan yang berguna untuk meningkatkan kualitas restoran kamu.