3 Hal untuk Diperhatikan Sebelum Menerapkan Layanan Delivery Order di Restoran Kamu!

24 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Menjalankan layanan delivery order jangan sampai asal-asalan. Pikirkan dulu 3 hal ini sebelum kamu menjalankannya!

Layanan delivery order menjadi salah satu layanan yang paling banyak diterapkan ketika seseorang menjalani usaha restoran.

Namun, kamu perlu memikirkannya matang-matang sebelum benar-benar menjalankannya.

Ada 3 hal yang baiknya kamu pikirkan dan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan menjalankan layanan delivery order di restoran kamu. 

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Menerapkan Layanan Delivery Order di Restoran Kamu!

1. Temukan Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Layanan Delivery Order

Dalam menjalani setiap usaha atau bisnis, termasuk restoran, semua keputusan atau langkah yang kamu ambil harus selalu memiliki alasan.

Begitu juga ketika kamu ingin menyediakan layanan delivery order.

Kamu perlu mengetahui dan memahami alasan utama yang membuat kamu merasa perlu menyediakan layanan delivery order.

Apakah karena konsep restoran kamu yang nggak menyediakan fasilitas dine in? Apakah layanan delivery order untuk memperluas jangkauan pasarmu dan menjangkau langgananmu yang ingin membeli produkmu tanpa perlu keluar rumah?

Setelah mengetahui alasan yang tepat untuk membuka layanan delivery order, kamu bisa mengeksplor lebih banyak variasi layanan delivery order selain delivery order itu sendiri, seperti layanan takeaway atau BOPIS (Buy Online, Pickup In Store).

Layanan Delivery Order Restoran

Sumber: Freepik.com

2. Haruskah Gunakan Aplikasi Third Party?

Layanan delivery order umumnya berhubungan erat dengan berbagai aplikasi third party.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa memasarkan restoran kamu dengan lebih mudah dan memenuhi pengiriman pesanan pelanggan yang akan diantarkan oleh mitra pengendara yang bekerja sama dengan aplikasi.

Sekarang ini, pilihan aplikasi seperti ini ada begitu banyak.

Setiap aplikasi memiliki kebijakan dan prosedur masing-masing. Nggak hanya itu, biaya platform dan pilihan promo yang ditawarkan juga bervariasi.

Namun, kalau kamu agak keberatan untuk dikenakan biaya platform dan potongan lainnya serta nggak ingin bergantung pada aplikasi tertentu, kamu bisa membangun sistem delivery order kamu sendiri.

Awalnya memang nggak akan mudah. Namun perlahan, seiring berjalannya waktu, kamu bisa meningkatkan dan mematangkan sistem delivery order kamu sendiri dan jadi nggak perlu bergantung pada aplikasi third party yang tersedia.

3. Bagaimana Konsep Delivery Order yang Perlu Diterapkan?

Selanjutnya, tentukan konsep delivery order yang kamu rasa paling tepat untuk diterapkan di restoran kamu.

Jika restoran kamu punya traffic yang nggak terlalu tinggi atau punya konsep niche (Misalnya seperti katering makanan sehat atau punya konsep subscription), ada baiknya kamu menerapkan delivery order yang dilakukan langsung oleh staf restoran kamu.

Namun, jika restoran kamu menjangkau target pasar yang luas dan punya traffic yang ramai, maka ada baiknya gunakan aplikasi third party atau tawarkan sistem pickup di tempat.