3 Hal Sederhana yang Bikin Suasana Restoran Makin Nyaman (Jika Diterapkan dengan Cermat!)

13 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Untuk bikin restoran yang nyaman, kamu butuh lebih dari sekadar lighting, dekorasi, atau furnitur yang cantik. Kamu butuh 3 hal sederhana ini!

Apa sih yang membentuk suasana restoran yang nyaman? Apakah lighting yang tepat? Dekorasi yang cantik dan tema restoran yang beda? Penggunaan furnitur yang instagrammable.

Jawaban di atas sama sekali nggak salah ya, Tromates! Semuanya punya kontribusi yang penting dalam membentuk suasana restoran yang nyaman. Namun ada juga beberapa hal sederhana yang seringkali luput dari perhatian ketika merancang suasana restoran agar nyaman buat setiap orang di dalamnya. Ada apa saja memangnya?

1. Tata Ruang yang Lega

Tata Ruang Restoran

Sumber: Pexels.com

Suasana restoran yang nyaman dipengaruhi salah satunya oleh bagaimana kamu bisa menata ruang di dalam restoran kamu. Fokus dalam menata ruangan nggak hanya rapi, tetapi juga bagaimana bisa lega. Leganya ruangan di dalam restoran membuat siapapun di dalamnya terasa lebih lepas dan merasa nggak sumpek. Di sisi lain, tata ruang yang lega juga memungkinkan mobilitas yang lebih lancar dan mudahnya. Artinya, pergerakan orang-orang jadi lebih nyaman.

2. Musik dan Volumenya

Musik Restoran

Sumber: Pexels.com

Pemanfaatan musik di restoran bukan hanya soal musik yang enak atau top hits saja, tetapi musik yang sesuai dengan mood dan tema restoran yang kamu bangun. Ketika kamu memainkan musik atau lagu yang senada dengan tema restoran, maka pelanggan pun akan semakin merasa betah di dalam restoran kamu. Pelanggan juga akan merasa bahwa musik yang kamu putar senada dengan konsep yang kamu usung, menambah kuat identitas restoran kamu di dalam benak konsumen.

Nggak hanya musik, volume musik pun juga perlu kamu perhatikan. Musik yang terlalu keras, meski senada dengan konsep restoran, justru akan menghancurkan suasana. Pelanggan kamu nggak bisa berbicara satu dengan yang lain, yang sedang makan sambil bekerja pun bisa jadi nggak akan bisa fokus atau konsentrasi dengan pekerjaannya. Jika diputar terlalu pelan, maka suasana akan terasa lebih sepi. Bukannya nggak mungkin jika pelanggan akan perlahan merasa ngantuk.

3. Pelayanan Pegawai Restoran

Pelayanan di Restoran

Sumber: Pexels.com

Seberapa cantiknya restoran kamu, seindah apapun dekorasi yang digunakan, serapi apapun pengaturan dan tata ruang di restoran kamu, semuanya akan sia-sia dan nggak ada artinya bila pelayanan yang diberikan nggak positif dan asal-asalan. Pelayanan pegawai restoran yang positif dan benar-benar mampu mendengarkan kebutuhan pelanggan, dengan bahasa tubuh yang positif dan ramah, adalah kepingan terakhir dari bagaimana kamu bisa membentuk suasana restoran yang mantap dan benar-benar nyaman.

Untuk itu, adalah tugas kamu untuk memberikan pelatihan terbaik untuk setiap pegawai kamu dalam melayani pelanggan. Perhatikan semuanya dari pelayanan: Bahasa tubuh, gestur, hingga pilihan kata dan kalimat dalam memberikan pelayanan buat pelanggan. Ketika mereka sudah mulai terbiasa dalam menggabungkan semuanya, maka lengkaplah sudah suasana restoran kamu!