3 Coffee Shop Hidden Gem di Kota Bandung (Nomor 2 Baru Buka)!

22 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Bandung selalu punya sejumlah coffee shop yang kualitas dan keberadaannya nggak diduga-duga!

Bandung adalah kota yang selalu istimewa, nggak hanya untuk para wisatawan yang ingin mencari kesejukan dan panorama alam, tetapi juga untuk para pecinta kopi. Selalu saja ada coffee shop dan cafe yang layak untuk dikunjungi dan punya kualitas yang nggak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa coffee shop ini pun bisa masuk ke daftar kunjungan kamu yang mencari coffee shop yang tergolong hidden gem di Bandung!

1. Hamsa Coffee

Ketika kamu sedang berjalan-jalan di sekitar Jalan Ciliwung, Bandung, coffee shop yang satu ini mungkin akan kamu lewati tanpa menyadarinya. Pasalnya, tempatnya sangat mungil dan agak nyempil membuat kamu harus mencari-carinnya sebentar sebelum menemukannya.

Hamsa Coffee adalah kedai kopi mungil yang mengusung elemen hijau di bangunan utamanya. Di depannya, terdapat pekarangan kecil dengan rimbun tanaman yang menambah rindang dan sejuk suasana. Kamu pun bisa ngopi di dekat barnya secara langsung sambil berbincang santai dengan owner yang sekaligus baristanya atau di pekarangan kecilnya sambil menikmati sejuknya angin Bandung yang mulai terasa di sore hari.

Hamsa Coffee punya beberapa menu andalan, seperti kombucha dan mocktail yang variatif dan menyegarkan kala cuaca sedang panas-panasnya. Namun, kalau kamu pecinta kopi, jangan lewatkan sajian kopinya yang diolah dengan menggunakan biji kopi khas Ciwidey yang disangrai nggak terlalu gelap. Alhasil, ketika menikmati long black atau cappucino, kamu akan memperoleh cita rasa manis karamel yang kentara, chocolate, dan sedikit fruity namun nggak terlalu intens.

Setiap pagi, Hamsa Coffee punya promo PANG! alias Pagi Ngopi yang dimulai dari jam 8 pagi. Kamu bisa menikmati bundling kopi dan donat yang nikmat disantap untuk sarapan pagi yang bersahaja.

2. Habitaas

Habitaas adalah salah satu coffee shop yang baru buka sejak Maret 2022. Meski masih seumur jagung, namun kualitasnya pun nggak main-main, loh! Di sini, Habitaas punya beragam menu seperti Ayam Kastu dan Sapi Kastu (Plesetan dari katsu) serta menu yang unik seperti Lele Goreng Sambal Rawu dan Tumis Bunga Bawang. Kalau soal kopinya, dijamin enak! Menu klasik seperti manual brew yang diseduh dengan alat V60 ada, menu es kopi susu khas Habitaas seperti Es Kopi Permen Jahe pun juga ada.

Bicara soal suasana tempat, Habitaas mengusung tempat yang penuh dengan tanaman koleksi sang pemilik coffee shop yang merupakan seorang pecinta tanaman hias. Selain itu, di sini kamu juga bisa menemukan sepasang ayam polandia yang bernama Tini dan Tono. Sembari nyantai menikmati cuaca yang sejuk dan rindangnya tanaman, kamu bisa main bersama mereka! Jadi tambah menyenangkan, bukan?

Kalau mau datang ke Habitaas, mampirlah ke Jalan Raden Patah No.3. Lokasinya berada sangat dekat dengan Kopi Toko Djawa Teuku Umar. Namun, untuk menemukannya, kamu harus sedikit berusaha karena tempatnya yang nggak terlalu eye catching.

3. Kai at the Place

Salah satu coffee shop yang bisa masuk kategori hidden gem lainnya adalah Kai at the Place. Coffee shop yang satu ini mengusung nuansa yang penuh dengan ketenangan dan kedamaian yang berasal dari elemen warna biru dan putih yang digunakan di interiornya. Konsep yang minimalis dari coffee shop ini semakin menonjolkan nuansa yang tenang dan sederhana.

Untuk sajian minumannya, kamu bisa menemukan berbagai menu kopi yang umum ditemukan di coffee shop lain. Biji kopi yang digunakan di sini adalah biji kopi dari Gunung Kerinci yang punya cita rasa sedikit rempah dan sweetness cukup tinggi. Selain itu, kamu bisa menemukan signature menu seperti Black Swan (Espresso yang dicampur dengan nutmeg dan foam di atasnya) dan Sneaky Biscuit (Ice shaken coffee dengan biskuit dan kayu manis).

Butuh mengenyangkan diri? Ada beragam pilihan cookies dan croissant hingga main course seperti Beef Maranggi dan Caesar Salad!

Wah, referensi coffee shop di Bandung yang hidden gem jadi bertambah ya, food lovers? Bandung memang nggak pernah gagal untuk menghasilkan tempat-tempat hidden gem yang menarik, termasuk coffee shop!