3 Cara yang Ampuh untuk Membangun Budaya Kerja Positif di Usaha Restoran Kamu!

21 Dec 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Budaya kerja yang positif akan berpengaruh pada bagaimana para pegawai kamu bekerja dan hasil kerja mereka.

Suatu usaha yang baik dan berkembang selalu dimulai bukan hanya dari perencanaan operasional dan konsep yang matang.

Hal tersebut juga berasal dari budaya kerja yang dimiliki oleh usaha tersebut.

Dalam usaha restoran dan kuliner yang dikenal bertempo cepat dan cukup hectic, budaya kerja yang positif diperlukan untuk membuat para pegawai restoran kamu bekerja dalam kondisi yang baik dan nggak menghasilkan stress.

Lantas, apa saja cara yang perlu dilakukan untuk membangun budaya kerja yang positif di usaha restoran kamu?

3 Cara yang Ampuh untuk Bangun Budaya Kerja Positif di Usaha Restoran Kamu!

1. Berikan Ruang untuk Belajar dan Berkembang

Sebagai pemilik usaha, restoran kamu bukan hanya tempat melayani pelanggan dan menjalani operasional harian.

Lebih dari itu, restoran kamu adalah tempat dan ruang yang baik untuk para pegawai restoran kamu belajar dan berkembang secara individu dan tim.

Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan restoran kamu sebagai ruang belajar dan berkembang adalah lewat training program yang dirancang khusus untuk restoran. Program ini dapat menjadi wadah bagi semua pegawai restoran untuk menempa keahlian mereka dan belajar hal-hal baru.

Di samping itu, kamu juga bisa membebaskan pegawai restoran kamu untuk mempelajari hal lain di luar operasional restoran. Misalnya, bila pegawai restoran kamu mengambil kursus marketing, kamu bisa memberikan mereka kesempatan untuk terlibat dalam tim marketing restoran kamu.

Pegawai Restoran Bekerja Bersama

2. Sediakan Benefits yang Mereka Butuh dan Inginkan

Di samping gaji pokok dan bonus, pegawai restoran membutuhkan benefits berupa yang meliputi asuransi kesehatan hingga pekerjaan.

Namun, benefits haruslah lebih dari sekadar jaminan kesehatan atau kerja. Benefits perlu disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan lain dari para pegawai kamu.

Benefits sesederhana uang makan hingga ongkos transportasi hingga yang menyangkut hiburan seperti liburan bersama dan yang menyangkut psikologis seperti workshop kesehatan mental.

3. Selalu Hadir untuk Staf Restoran Kamu

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang hadir secara fisik dan mau mendengarkan para pegawainya secara langsung.

Oleh karena itu, kehadiran kamu sebagai pemilik di restoran kamu secara berkala adalah sesuatu yang sangat berharga.

Kehadiran kamu menunjukkan bahwa kamu benar-benar ingin terlibat dalam setiap proses kerja di restoran kamu. Di samping itu, pasang telinga baik-baik apabila ada pegawai kamu yang butuh bantuan atau ingin meminta masukkan.

Kamu juga bisa menggelar sesi diskusi dan konsultasi rutin untuk membahas apa yang sudah dikerjakan dengan baik, apa yang masih perlu ditingkatkan, apa kendala yang dihadapi setiap pegawai, hingga masukkan atau kritik dari pelanggan yang pegawai kamu peroleh.

Menjadi pemimpin yang selalu hadir untuk pegawai dan menyediakan forum untuk diskusi membantu membangun budaya kerja yang demokratis dan hal ini adalah sesuatu yang sangat positif dan perlu dipertahankan.

Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS