3 Cara Mudah Manfaatkan Signage Restoran untuk Meraih Lebih Banyak Penjualan!

4 Oct 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Signage restoran bukan hanya penanda bahwa kamu sudah buka restoran. Signage restoran adalah senjata yang efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan dan bikin restoran kamu cuan!

Sebagai komponen yang nggak boleh kamu lupakan dalam membuka restoran, signage restoran nggak boleh digunakan sebagai sekadar keterangan bahwa restoran kamu sudah buka di lokasi tertentu.

Signage restoran perlu kamu manfaatkan lebih jauh sehingga kamu bisa memaksimalkan potensinya dalam menggaet lebih banyak pelanggan dan bikin penjualan restoran kamu meningkat.

Berikut ini adalah 3 cara praktis untuk mengubah signage restoran kamu jadi alat yang efektif untuk meraih lebih banyak penjualan!

1. Bercerita tentang Bisnis Kamu

Sekadar menggunakan logo untuk memberitahu orang-orang tentang restoran kamu adalah sesuatu yang nggak cukup. Kamu harus berusaha lebih dari itu.

Kamu bisa mencoba bercerita mengenai bisnis restoran kamu dengan menggunakan signage restoran kamu.

Space yang terbatas memang menjadi tantangan tersendiri untuk bercerita soal restoran kamu. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan slogan yang catchycopywriting yang singkat namun padat dan jelas, hingga penggunaan ilustrasi yang deskriptif.

Untuk memberitahu orang-orang mengenai restoran apa kamu dan apa saja yang kamu jajakan, pelajari dan pahami terlebih dahulu restoran kamu sendiri.

Apakah kamu punya spesialisasi pada produk tertentu? Apa saja yang kamu jual di restoran kamu? Apakah kamu lebih menjual pengalaman yang unik dibandingkan produk makanan? Dengan mempertanyakan hal-hal ini, kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang ingin kamu ceritakan dan sampaikan soal restoran kamu.

Signage Coffee Shop

Sumber: Freepik.com

2. Memperkuat Identitas Brand

Signage restoran adalah media pemasaran yang tepat untuk kamu menyampaikan dan memperkuat identitas dari brand restoran kamu.

Buatlah desain yang mampu menciptakan persepsi yang kamu ingin pelanggan timbulkan dan rasakan ketika melihat signage restoran kamu. Desain pada signage restoran kamu adalah satu langkah awal untuk membuat pelanggan merasakan atmosfer atau vibe tertentu dari restoran kamu tanpa harus masuk ke dalamnya.

Banyak aspek harus kamu perhatikan - bentuk font, warna font, ilustrasi, hingga warna background - semua harus mampu menciptakan atmosfer yang kamu ingin pelanggan pikir dan rasakan. 

3. Bermain dengan Penempatan

Punya lokasi restoran yang strategis nggak cukup untuk memudahkan restoran kamu memperoleh perhatian dan meraih lebih banyak penjualan.

Kamu harus menyesuaikan signage restoran kamu.

Signage di sini bukan hanya signage utama dari restoran kamu, tetapi juga signage sekunder atau tambahan.

Signage restoran yang sifatnya sekunder bisa kamu sesuaikan penempatannya agar lebih mudah terlihat dan menarik perhatian. Signage seperti papan kapur hingga papan tulis tergolong fleksibel untuk ditempatkan bisa kamu sesuaikan penempatannya. Kamu pun bisa meletakkanya di bagian depan atau luar restoran sembari dilengkapi dengan informasi tambahan mengenai restoran kamu.