Papan menu yang baik adalah papan menu yang lebih lebih dari sekadar penampil informasi.
Papan menu yang baik juga harus bisa berkontribusi untuk mendongkrak penjualan di restoranmu.
Lantas, bagaimana mengubah papan menu restoranmu agar bisa memengaruhi naiknya penjualan?
Salah satu cara termudah menaikkan penjualan di restoranmu adalah dengan fokus pada produk yang paling laku. Untuk melakukannya, kamu bisa menempatkan menu best seller yang kamu punya di tengah dan pusat papan menu restoranmu.
Penempatan seperti ini bisa dibilang begitu efektif. Pasalnya, dengan posisi menu yang ada di tengah, terlebih lagi jika kamu meng-highlight menunya, pelanggan akan leibh mudah melihat dan membaca menu tersebut. Alhasil, ada kemungkinan yang tinggi pelanggan memesan menu tersebut.
Kalau misalkan kamu punya lebih dari satu papan menu, mungkin 2 atau 3, sebisa mungkin tempatkan menu best seller kamu di tengah. Kalau jumlah papan menu kamu ada 3, kamu bisa menggunakan papan menu yang di tengah untuk fokus pada menu best seller kamu.
Selama kamu menjual makanan dan minuman di restoranmu, tentunya kamu nggak mau selamanya menjual menu yang tanpa ada variasi. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menyajikan dua jenis menu, yakni menu standar dan promosional.
Menu standar adalah menu yang hadir setiap hari dan selalu ada di restoranmu, sementara menu promosional bisa diisi dengan menu standar yang kamu berikan diskon atau seasonal menu yang hanya muncul di waktu-waktu tertentu saja.
Menyediakan dua jenis menu seperti ini bisa bikin pelanggan tertarik untuk berpindah dari menu standar ke menu promosional atau menambah pesanan dengan menu promosional.
Sumber: Unsplash
Ketika pelanggan mulai melihat dan membaca menu restoranmu dengan cepat, mereka akan memproses informasi yang ada dan cenderung membandingkan value satu menu dengan menu lainnya.
Nah, momen seperti ini mesti kamu manfaatkan dengan baik. Kalau kamu punya menu yang harganya terjangkau namun belum terlalu laku, kamu bisa menaruh menu dengan harga yang lebih mahal berdekatan dengan menu yang harganya terjangkau.
Apa efeknya? Dengan kedua menu tersebut bersanding bersebelahan atau berdekatan, pelanggan bisa langsung membandingkan kedua menu tersebut dan harganya. Pelanggan pun cenderung akan menyimpulkan bahwa menu yang lebih murah terasa lebih valuable karena harganya lebih murah.
Di samping itu, kamu pun bisa melakukan upselling dengan lebih mudah karena menu yang terjangkau akan terasa lebih valuable bila ditambah dengan add-ons.
Dengan memasukkan informasi yang tepat secara jitu dan strategis, kamu bisa dengan mudah mendongkrak sales di restoranmu hanya dengan mengandalkan papan menu yang kamu punya.
Pada akhirnya, kamu bisa mengubah papan menu yang sederhana jadi faktor yang turut berpengaruh pada naiknya penjualan di restoranmu.